DetikHot

spotlight

Denny Ertanto Ungkap Proses Panjang Garap VFX di 'Avengers: Endgame'

Kamis, 09 Mei 2019 09:31 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Denny Ertanto Ungkap Proses Panjang Garap VFX di Avengers: Endgame Foto: Dok. Marvel Studio
Jakarta -

Bisa terlibat dalam penggarapan 'Avengers: Endgame' menjadi pengalaman berkesan bagi Denny Ertanto. Meski begitu ada banyak tahapan yang harus ia lalui dalam menggarap vfx di 'Avengers: Endgame'.

Disebut Denny, pembuatan vfx untuk film seperti 'Endgame' ini menelan waktu yang tak sebentar. Sekadar informasi, vfx merupakan teknik yang digunakan dalam industri film, televisi, dan animasi yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli.

Denny Ertanto Ungkap Proses Panjang Garap VFX di 'Avengers: Endgame'Proses vfx di film. Foto: digitalsypnosis



"Proses pembuatannya bisa bertahun-tahun. Lalu akan masuk proses post-production di mana akan memakan sekitar 1 tahunan, dan di bagian saya per-cuplikan (shot) bisa sekitar 1-2 minggu penggarapannya," ungkapnya saat berbincang dengan detikHOT via surel belum lama ini.

Tak semua adegan yang ia tangani memiliki standar waktu yang sama. Ada adegan-adegan yang cukup rumit hingga penggarapannya memakan waktu bulanan.

"Ada yg 1-4 atau 5 bulan. Ada banyak hal yg harus dikerjakan dari department lain juga sebelum akhirnya sampai ke department kami," ungkapnya lagi.


Denny mengatakan proses pembuatan vfx melibatkan banyak orang. Marvel menunjuk beberapa studio yang mereka nilai tepat untuk menggarap vfx sebagus mungkin untuk diselipkan ke dalam film.

Tak hanya Denny, ada animator Indonesia lain yang juga terlibat di dalam film 'Avengers: Endgame'.

"Ada dari studio lain sama satu orang lagi dari studio yang sama dengan studio saya bekerja," ungkap Denny Ertanto.


(doc/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed