detikHot

Spotlight

Seni Potong Kertas, Pekerjaan Penuh Detail Bermodal Pisau

Selasa, 15 Jan 2019 18:11 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: bearfollowscat/ Instagram Foto: bearfollowscat/ Instagram
Jakarta - Paper cutting menjadi salah satu teknik seni rupa yang makin berkembang. Di Indonesia dan penjuru dunia lainnya, paper cutting bisa dipelajari secara otodidak atau belajar sendiri.

Untuk menghasilkan satu karya sederhana, material yang digunakan hanya kertas kosong dan pisau tajam. Seniman asal Inggris Pippa Dyrlaga pun menuturkan pekerjaannya memiliki detail dan kesabaran.

"Saya punya detail atau ide umum tentang apa yang ingin saya buat. Saya akan menggambar garis longgar di pensil dan kemudian menambahkan detail saat saya memotong," ujar Dyrlaga.



Sejak awal penggarapan karya, ia sudah membuat sketsa sebagai desain awal. Dari sketsa, ia tinggal membentuk sesuai gambar menggunakan pisau tajam.

"Semuanya digambar terbalik dan kemudian ketika saya selesai memotong gambar, saya baik, dan sisi yang bersih adalah karya seni yang sudah selesai saya buat," kata Dyrlaga.

Sebagian besar karyanya menggambarkan tentang flora dan fauna. Karya-karyanya bisa diintip di akun Instagram @bearfollowscat.


(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com