DetikHot

Spotlight

Webtoon 'Lookism' Buka Mata Publik soal Isu Bully di Korea

Selasa, 04 Des 2018 15:38 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Webtoon Lookism Buka Mata Publik soal Isu Bully di Korea Webtoon 'Lookism' Buka Mata Publik soal Isu Bully di Korea Foto: Line Webtoon Indonesia
Jakarta - Isu perundungan atau bully menjadi salah satu fokus dalam webtoon 'Lookism'. Webtoonist (komikus) Park Tae Jun asal Korea yang menuliskan cerita dan menggambarnya menceritakan proses kreatif dari isu yang bisa terjadi di negara manapun.

Menurut Park Tae Jun, isu perundungan bukan hanya terjadi di Korea atau negara-negara Asia lainnya.

"Di dalam cerita ini memang sangat menampilkan soal penampilan dan banyak unsur kekerasaan atau action. Isu seperti ini terjadi di mana pun," ujarnya ketika berbincang dengan detikHOT.



Park Tae Jun sempat menyambangi Jakarta untuk ketiga kalinya, sebelum fan meeting ke Thailand bersama webtoonist lainnya. detikHOT berkesempatan mewawancarainya di ajang Webtoonist Day yang diselenggarakan LINE Webtoon Indonesia beberapa waktu lalu.

Webtoon 'Lookism' Buka Mata Publik soal Isu Bully di KoreaWebtoon 'Lookism' Buka Mata Publik soal Isu Bully di Korea Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Terbitnya 'Lookism' membuat publik jadi terbuka matanya. "Pembaca akan membaca webtoon ini dengan perasaan masing-masing yang berbeda," lanjutnya.

"Banyak dari pembaca yang mendiskusikan isu bullying ini. Setidaknya karena webtoon ini membuat orang lebih peduli lagi dengan isu perundungan," kata Park Tae Jun.

Saat ini Park Tae Jun diketahui sedang menggarap webtoon bergenre romansa lainnya. "Saya berharap saya bisa menjadi komikus yang bisa menulis tema apapun lagi. Selanjutnya ingin menggarap komik romance lalu action," ujar komikus yang karyanya sudah terbit cetak di Korea dan Jepang.



(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed