DetikHot

spotlight

Ilustrator Migunani Kerap Dikritik karena Gambar Obyek Manusia

Selasa, 02 Okt 2018 17:23 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ilustrator Migunani Kerap Dikritik karena Gambar Obyek Manusia Ilustrator Migunani Kerap Dikritik karena Gambar Obyek Manusia Foto: @migu.nani/instagram
Jakarta - Menggambar obyek maupun subyek manusia kerap memicu perdebatan dalam dunia seni rupa. Hal tersebut pula yang dikritik oleh netizen kepada ilustrator Migunani.

Ilustrasi yang merupakan lulusan Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang masih merahasiakan identitasnya menuturkan permasalahan etrsebut. Namun, ia tak mempermasalahkannya lantaran ulama-ulama besar memiliki pendapat yang berbeda.

"Saya pribadi mempercayai pendapat yang membolehkan gambar manusia asalkan digunakan untuk tujuan kebaikan dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain," tuturnya ketika diwawancarai detikHOT.


Ilustrator Migunani Kerap Dikritik karena Gambar Obyek ManusiaIlustrator Migunani Kerap Dikritik karena Gambar Obyek Manusia Foto: @migu.nani/instagram


Lantaran kritikan tersebut, ia pun memberikan referensi buku 'Gambar itu Haram?' yang ditulis oleh @bangdzia. Dari ilustrasi-ilustrasi yang digambarkan Migunani, ia ingin menyampaikan pesan positif dan ajaran Islam pada publik umum.

Setiap minggu di waktu-waktu tertentu, Migunani pun secara konsisten mengupload ilustrasi terbarunya. Karya yang bernuansa pink dan ungu itu selalu menarik perhatian lebih dari 8.400 pengikutnya.

Biasanya Migunani akan menentukan topik dari berita atau artikel di blog-blog Islami. Setelah menentukan topik yang akan diangkat, ia pun mencari relevansi yang relevan.

Kemudian membuat sketsa di atas kertas dan melanjutkannya dengan pembuatan versi digital di Ipad. "Lama prosesnya juga bervariasi, kadang bisa sejam selesai namun juga bisa berhari-hari tidak selesai jika konsep ternyata kurang matang," tukas dia.

Karya-karyanya bisa dilihat di akun Instagram @migu.nani.



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed