DetikHot

spotlight

Mengenal Seniman Jepang yang Eksis Melukis Air Terjun

Selasa, 04 Sep 2018 14:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Mengenal Seniman Jepang yang Eksis Melukis Air Terjun Mengenal Seniman Jepang yang Eksis Melukis Air Terjun Foto: Hiroshi Senju/Istimewa
Jakarta - Jepang memiliki segudang seniman yang eksis berkarier dengan teknik dan medium tertentu. Termasuk pelukis Hiroshi Senju yang terkenal karena lukisan air terjunnya yang menawan.

Namanya pun menjadi salah satu maestro yang tersisa dari lukisan nihonga atau gaya tradisional Jepang yang berkembang selama ratusan tahun. Teknik tersebut biasanya melukis di atas washi (kertas Jepang) atau sutra serta menggunakan pencuci pigmen alami.

Lukisan air terjunnya pula telah dipamerkan dan melanglang buana ke penjuru dunia. Di antaranya adalah Museum Seni Kontemporer di London, Museum Nasional Tokyo di tahun 2003, dan Venice Biennale pada 2015.



Karyanya merupakan perpaduan antara kertas Jepang, cat arkilik, dan pigmen alami. Ciri khas tersebut yang masih dilakoni sampai sekarang.

Mengenal Seniman Jepang yang Eksis Melukis Air TerjunMengenal Seniman Jepang yang Eksis Melukis Air Terjun Foto: Hiroshi Senju/Istimewa


"Saya menggunakan air, gravitasi, cat untuk air terjun," ujarnya dilansir dari berbagai sumber, Selasa (4/9).

Sejumlah prestasi ditorehkan Senju. Termasuk instalasi ruang publik terbarunya di Singapura. Karya-karyanya pun menjadi koleksi permanen dari Museum Seni Kontemporer Los Angeles, Museum of Modern Art Toyama Jepang, Museum Seni Kontemporer di Tokyo, Universitas Seni Rupa dan Musik Nasional Tokyo, dan Museum Seni Kushiro Hokkaido Jepang.

Simak artikel berikutnya.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed