DetikHot

spotlight

9 Tahun Ditolak Penerbit, Almira Bastari Tuai Pujian di Novel 'Resign!'

Selasa, 21 Ags 2018 14:34 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
9 Tahun Ditolak Penerbit, Almira Bastari Tuai Pujian di Novel Resign! 9 Tahun Ditolak Penerbit, Almira Bastari Tuai Pujian di Novel 'Resign!' Foto: Dok.Almira Bastari/ Instagram
Jakarta - Kesuksesan dan senyum manis dari Almira Bastari terhadap novel 'Resign!' butuh kerja keras. Bagi Almira Bastari butuh waktu selama 9 tahun sampai naskahnya diterima penerbit.

Sejak kecil, Almira memang sudah suka menulis cerita pendek. Ketika mencapai usia 17 tahun, ia sering kirim naskah dengan beragam genre mulai dari teenlit sampai chicklit ke berbagai penerbit.

Naskah pertamanya pun yang kini sudah terbit dalam bentuk novel yang berjudul 'Melbourne (Wedding) Marathon' terbit ketika usianya 26 tahun. "9 tahun usahanya. Selama 9 tahun saya nulis romance tapi teman-teman di sekitar saya merasa sehari-hari saya punya humor sarkasme yang bisa bikin tertawa," ujarnya kepada detikHOT.



Dari saran teman-temannya tersebut, kemudian Almira berpikir kenapa tidak menulis cerita yang isinya komedi saja. "Ternyata membuat novel yang banyak unsur komedinya lebih menyenangkan daripada bikin novel yang cenderung serius."

Dari novel pertama itulah, jalur Almira sebagai seorang penulis semakin terbuka. Di sela-sela pekerjaan yang menyita waktu di kantor, ia rajin menulis.



Setiap hari, perempuan yang bekerja sebagai analis keuangan di Jakarta itu pun menulis selama satu jam. Ketika akhir pekan tiba, ia bisa meluangkan waktu menulis selama dua jam.

Kalau pun ditotal, lanjut Almira, dalam seminggu ia hanya bisa menulis selama 9 jam. " Karena saya full kerja, di hari kerja, paling lama saya bisa nulis itu sejam, kalau weekend dua jam."

Kini novel 'Resign!' yang menceritakan tentang karyawan-karyawan biasa yang disebut dengan cungpret dan ingin segera resign dari kantornya. Bersama para cungpret, mereka membuat taruhan siapa yang paling terakhir mengundurkan diri akan mentraktir cungpret satu tim makan di restoran yang paling mahal.



Dalam waktu sebulan sejak peluncuran perdana, 'Resign!' dicetak ulang yang keempat kalinya dan kini naik cetak keenam. Euforia pembaca yang luar biasa terhadap 'Resign!' membuat karyanya diapresiasi pembaca, baik di Wattpad sebanyak 8,3 juta kali maupun versi buku yang dirilis oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Simak artikel berikutnya.


(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed