detikHot

Spotlight

Dari Hobi Motret, Begini Cara Bang Korek Bikin Karya Miniatur

Selasa, 31 Jul 2018 15:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Dari Hobi Motret, Begini Cara Bang Korek Bikin Karya Miniatur Foto: Instagram/ @bangkorek2 Dari Hobi Motret, Begini Cara Bang Korek Bikin Karya Miniatur Foto: Instagram/ @bangkorek2
Jakarta - Sejak 2015 lalu, Mukhamad Ikhwan asal Cirebon menciptakan karya seni dari batang korek api lalu mengupload ke akun @bangkorek2. Karya-karya uniknya digemari netizen dan disukai publik umum.

Pria yang menciptakan ide kreatif tersebut tak menggunakan material mahal. Hanya bermodalkan batang korek api, benang, lem, tang serta kamera DSLR. Caranya pun tidak terlalu sulit.

Dalam setiap karya, ia kerap membuat figur-figur manusia mini dari batang korek api. Lalu melengkapinya dengan beragam aksesori bisa sambil membawa tas, mengenakan pakaian lengkap, hijab, membawa tongkat, kamera, sampai bendera.



"Batang korek api itu untuk pembuatan tubuhnya. Langkah selanjutnya yaitu melilitkan benang ke batang korek, terus di lem sesuai yang mau saya bikin," ujar Ikhwan kepada detikHOT.



Pria yang kini berusia 26 tahun ini juga menambahkan kamera yang digunakan untuk memotret awalnya adalah kamera handphone biasa. Ia baru saja mengupgrade pada kamera DSLR beberapa waktu belakangan ini saja.

Ketika membuat sebuah karya, Ikhwan mengakui butuh kesabaran dan ketelitian tersendiri. Bahkan durasi pengerjaan tak sampai satu jam.

"Kurang lebih 30 menit saja kok untuk satu karakter," katanya.

Usai membuat karakter dan cerita dari karya tersebut, Ikhwan kemudian memotretnya. Terkadang ia membawa hasil karyanya ke berbagai tempat yang disukai termasuk ketika dia traveling maupun naik gunung.

Simak artikel berikutnya ya!



(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed