detikHot

Spotlight

Tak Cuma Islam, 'Guru Ngaji' Juga Tampilkan Keberagaman

Kamis, 15 Mar 2018 13:39 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Asep Syaifullah Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Meski berfokus pada kehidupan seseorang yang berprofesi sebagai guru ngaji, menurut kedua pemain film tersebut, Donny Damara dan Verdi Soelaiman, dalam 'Guru Ngaji' tidak melulu semua tokohnya diceritakan beragama islam.

Justru, menurut mereka, film ini mengangkat keberagaman para tokohnya dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

Hal tersebut tergambar dari tokoh yang mereka perankan. Misalnya Donny Damara memerankan Mukri seorang guru ngaji beragama Islam, sedangkan tokoh yang diperankan Verdi adalah warga keturunan China yang lama tinggal di Solo bernama Koh Alung.

Tak Cuma Islam, 'Guru Ngaji' Juga Tampilkan KeberagamanFoto: Donny Damara di film 'Guru Ngaji & Badut Maksimal' (instagram Dewi Irawan)


"Kalau ke siapa (target penonton film ini) merujuk ke satu agama atau lingkungan, ini buat semua. Karena di film ini terwakili semuanya. Jadi gak segmented kok ini," ujar Donny Damara saat berkunjung ke kantor detikHOT baru-baru ini.

Bagi mereka, di filmnya juga digambarkan bahwa tokoh yang berbeda-beda identitas tersebut tinggal di satu desa yang sama secara berdampingan. Sebagai tokoh utama, karakter Mukri yang diperankan oleh Donny Damara menjadi titik berat dalam ceritanya.

Tak Cuma Islam, 'Guru Ngaji' Juga Tampilkan KeberagamanFoto: Asep Syaifullah


"Sebenernya tokoh Mukrinya yang dilihat, kalau story-nya bagaimana dia bersosialiasi dengan golongan dan agama lain di tempat dia tinggal. Di tempatnya tokoh Mukri itu ada social class yang beda, ras yang beda, agama yang beda," jelasnya.


(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com