DetikHot

spotlight

Perjalanan Panjang Komik 'Ga Jelas' hingga Berlabuh ke Elex Media

Selasa, 13 Mar 2018 17:45 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Perjalanan Panjang Komik Ga Jelas hingga Berlabuh ke Elex Media Perjalanan Panjang Komik 'Ga Jelas' hingga Berlabuh ke Elex Media Foto: Jasmine/ Pribadi
Jakarta - Bermula dari Fanpage Facebook, komik 'Ga Jelas' karya Jasmine Hanny Surkatty kini digemari pembaca semua umur. Komik itu melakukan perjalanan panjang sebelum akhirnya mendapatkan penerbit, Elex Media di volume kedua.

Kepada detikHOT, Jasmine menceritakan awalnya komik 'Ga Jelas' Volume 1 rilis dengan penerbit indie dan dua komik yang bersifat self-publishing.

"Itu komiknya hanya dijual di event-event. Buku komik 'Ga Jelas' saya yang pertama kali self-published itu bermodal nekat. Tahun 2014, saya membuka stand di Pasar Komik Bandung dan mencoba untuk mengenalkan komik 'Ga Jelas' di luar batas ranah media sosial," tuturnya.



Setelah lulus kuliah, Jasmine pun memberanikan diri untuk 'menembak' penerbit untuk volume pertama komik 'Ga Jelas'. Dia pun mencoba e-mail pada penerbit kecil yang direkomendasikan untuk komik 'Ga Jelas'.

Perjalanan Panjang Komik 'Ga Jelas' hingga Berlabuh ke Elex MediaPerjalanan Panjang Komik 'Ga Jelas' hingga Berlabuh ke Elex Media Foto: Jasmine/ Pribadi


"Saya mempresentasikan konsep dari komik saya, social engagement di media sosial dan kira-kira buku-nya akan bagaimana dan mereka sangat tertarik," kata Jasmie.

"Pertama kali, buku komik 'Ga Jelas Volume 1 Penghilang Stres' dijual saat Indonesia Comic Con 2016, sebelum masuk toko buku dan penjualannya cukup bagus sampai kita melakukan cetak ulang," ujar perempuan yang mengidolakan Sean Gordon Murphy.



Kemudian, dia pun memindahkan volume kedua komik 'Ga Jelas' kepada Penerbit Elex Media yang terbilang supportif.

"Kami langsung klop, dan gaspol untuk produksi komik 'Ga Jelas Vol.2 Pembasmi Frustasi' dan buku-buku selanjutnya," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya untuk melihat berita-berita mengenai komik 'Ga Jelas'.




(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed