DetikHot

spotlight

Kenalan Yuk dengan Komikus 'Ga Jelas' Jasmine Hanny Surkatty

Selasa, 13 Mar 2018 15:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kenalan Yuk dengan Komikus Ga Jelas Jasmine Hanny Surkatty Kenalan Yuk dengan Komikus 'Ga Jelas' Jasmine Hanny Surkatty Foto: Jasmine/ Pribadi
Jakarta - Dunia komik Indonesia kian digandrungi oleh masyarakat khususnya generasi milenial. Lewat dunia maya, satu per satu komikus bermunculan dan unjuk gigi berkarya. Salah satunya adalah Jasmine Hanny Surkatty yang terkenal lewat komik berjudul 'Ga Jelas'.

Kehadiran Jasmine menambah deretan komikus inspiratif yang menelurkan karya-karya yang keren. Komik strip humor 'Ga Jelas' dirilisnya dua tahun lalu dan berasal dari kehidupan sehari-hari.

Kepada detikHOT, Jasmine menceritakan mengenai penamaan 'Ga Jelas' yang memang mengacu kepada ketidakjelasan.



"'Ga Jelas' itu jelas-jelas mengacu kepada ketidakjelasan yang jelas tidak jelas. Tapi untuk jawaban yang lebih 'normal', Ga Jelas mengacu pada absurditas dalam situasi, kondisi para tokoh yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari, begitu juga dengan penggambaran sifat dan reaksi para tokohnya dalam menghadapi itu semua yang jelas ga jelas. Salam Ga Jelas," jelas Jasmine.

Kenalan Yuk dengan Komikus 'Ga Jelas' Jasmine Hanny SurkattyKenalan Yuk dengan Komikus 'Ga Jelas' Jasmine Hanny Surkatty Foto: Jasmine/ Pribadi


Inspirasi pembuatan komiknya berhasil digoreskan Jasmine saat mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Kala itu, Jasmine yang 'gatel' ingin segera mulai ngomik namun harus menepati janjinya pada orangtua.

"Sebenarnya, awal Komik 'Ga Jelas' itu hanya sebatas komik yang saya buat ketika bosan di kelas. Biasanya saya gambar di buku catatan, sampai kadang ditegur guru. Lalu saya coba iseng bikin versi digitalnya untuk dimasukkan ke media sosial saya (Waktu itu Facebook)," tutur Jasmine.

Gayung bersambut. Dari Facebook, perempuan lulusan BINUS International University dan Northumbria University di Inggris itu pun menciptakan Fanpage Facebook.



"Ketika ternyata teman-teman media sosial saya suka, saya sempat ngobrolan bersama Haryadhi, karena dia senior saya waktu itu. Dia bilang Komik 'Ga Jelas' ada potensinya. "Coba bikin facebook fanpagenya deh!",kata dia, lalu lahirlah Komik Ga Jelas di media sosial. Hahahaha...," pungkasnya seraya tertawa.

Bagaimana kelanjutan inspirasi dan cerita berikutnya dari Jasmine? Simak artikel berikutnya!

[Gambas:Instagram]


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed