DetikHot

Spotlight

Bukan Kertas Biasa, Seniman Rudy Atjeh Gunakan Kertas Khusus

Selasa, 06 Mar 2018 15:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bukan Kertas Biasa, Seniman Rudy Atjeh Gunakan Kertas Khusus Bukan Kertas Biasa, Seniman Rudy Atjeh Gunakan Kertas Khusus Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Dalam memotong-motong kertas dengan teknik hand cutting, seniman Rudy Atjeh punya material tersendiri. Bahan yang digunakannya tak biasa, bukan kertas untuk menciptakan sketsa maupun bahan-bahan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan pria asal Aceh saat mengobrol dengan detikHOT di Edwin's Gallery kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Dia mengatakan menggunakan kertas kensen untuk karya seni instalasi ukuran raksasa tersebut.

"Ini pakai kertas pilihan yang karakternya agak lembut tapi sangat fragile. Kalau robek atau ditekuk sedikit saja, tidak bisa dibenerin. Harus ulang lagi dibenerin," tutur Rudy kepada detikHOT.



Untuk memotong-motong kertas, sebelumnya dia membuat gambar sketsa terlebih dahulu. Tekniknya pun ada cara tersendiri yakni memotong dari bawah ke atas atau sebaliknya dan mengikuti alur yang sudah dibuat.

"Nggak bisa loncat-loncat motongnya. Nggak boleh," tambahnya lagi.

Dengan karya seni potong kertas berskala besar, Rudy mengatakan tak banyak seniman yang konsisten menggunakannya. Ditambah dengan media video yang membuat karyanya lebih eye catching.

"Ada beberapa teman lain yang mengaplikasikan hand cutting tapi kertasnya lebih kecil. Kayaknya kalau yang besar seperti saya ini baru saya memang," tukasnya.

Bagaimana kelanjutnya karya-karya Rudy Atjech? Simak artikel berikutnya!

[Gambas:Instagram]


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed