DetikHot

spotlight

Uniknya Sel yang Dilihat dari Teleskop dan Mikroskop di Karya Radhinal Indra

Selasa, 07 Nov 2017 15:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Uniknya Sel yang Dilihat dari Teleskop dan Mikroskop di Karya Radhinal Indra Uniknya Sel-sel yang Dilihat dari Teleskop dan Mikroskop di Karya Radhinal Indra Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Radhinal Indra punya cara tersendiri dalam menyatukan ilmu pengetahuan dengan seni. Salah satu yang dipamerkan dalam eksibisi solo yang bertajuk 'Matter's Matter' adalah karya seni berjudul 'Telemicroscopic'.

Di karya tersebut, dia menggabungkan antara benda-benda yang dapat dilihat oleh teleskop dan mikroskop. Sel-sel maupun komponen yang dilihat di antara dua benda tersebut diwujudkan Radhinal di atas pelat alumunium.

Saat detikHOT menyambangi RUCI Artspace kemarin, Melin Merril selaku direktur galeri mengajak untuk berkeliling melihat karya seni. "Ini karya yang unik sekali dari Radhinal. Di sini kita bisa melihat penggabungan antara komponen yang dilihat dari teleskop dan mikroskop," ujar Melin pada Selasa (7/11/2017).



Dia menggabungkan komponen sel darah manusia, tissu, lidah, ketombe, maupun sperma dengan komponen planet-planet. Pelat alumunium yang diciptakan Radhinal juga mengeksplorasi bentuk dan teksturnya.

"Radhinal tuh tipe seniman yang punya vision. Dia juga memikirkan bentuk dan visualnya ketika karya dipajang. Metal yang dibentuk terlipat atau setengah lingkaran juga jadi pemikiran dia," tutur Melin.

Uniknya Sel-sel yang Dilihat dari Teleskop dan Mikroskop di Karya Radhinal Indra   Uniknya Sel-sel yang Dilihat dari Teleskop dan Mikroskop di Karya Radhinal Indra Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Menurut penuturan Melin, konsep artistik dari seorang seniman memang dibutuhkan. Tapi juga harus punya makna atau arti di belakangnya.

"Setiap karya punya cerita, dan saya sudah mengikuti perkembangannya dari tiga tahun lalu. Ketika saya bertanya lagi bikin apa, pasti dia akan langsung jelaskan bikin ini itu dan apa yang bakal dikerjakannya. Vision itu yang saya suka dari sosok Radhinal. Karena itu, oke RUCI gaet dia untuk pameran tunggal," katanya.

Pameran tunggal Radhinal Indra berlangsung dari 28 Oktober sampai 28 November 2017.


(tia/doc)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed