DetikHot

spotlight

Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni

Selasa, 07 Nov 2017 13:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni Foto: Dok.Radhinal Indra
Jakarta - Apa yang ada di benak ketika mendengar kata astronomi? Cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit dan fenomena yang ada di luar angkasa itu berhasil diwujudkan Radhinal Indra dalam bentuk karya seni.

Gagasan utama adanya hubungan antara hal-hal yang terjadi di luar bumi atau astronomi dan komponen dalam tubuh manusia (mineral dan zat besi) memiliki kesamaan. Ide tersebut yang dituangkan pria kelahiran Bima, Sumbawa itu dalam 11 karya seni di RUCI Artspace Jakarta yang dibuka pada 27 Oktober lalu.

Temuan-temuan kosmis tersebut bukan tanpa alasan. Latar belakang keluarga yang merupakan pengajar di bidang sains turut mempengaruhi.

"Saya sebenarnya seperti anak biasanya, suka menonton film science fiction, komik, dan kartun. Ketertarikan pertama justru bukan dari ilmu pengetahuan tapi fiction. Ada banyak hal di sci-fi yang membuat saya penasaran bagaimana sesuatu bekerja," ujarnya kepada detikHOT.

Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Rasa penasaran yang sudah dijalaninya sejak kecil itu pun didukung oleh lingkungan keluarga. Ibunya yang pengajar matematika serta bapak pengajar ilmu sosial yang mengajaknya ke dalam penelusuran lebih dalam. Tapi, dia lebih memilih melanjutkan pendidikan di bidang seni ketimbang sains.

Meski begitu, ketertarikan dalam bidang sains tetap ada sampai sekarang. Usai 4,5 tahun bekerja sebagai graphic designer di Leboye dan Visios, Radhinal kini fokus bekerja sebagai seniman di Bandung, Jawa Barat.

Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni Radhinal Indra, Seniman Muda yang Kolaborasikan Astronomi dan Seni Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Saya rasa seni memberikan arena untuk dapat fokus lebih terhadap ketertarikan tertentu dan membuat karya seni dari ketertarikan tersebut," tutur lulusan Graphic Design, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kali ini, detikHOT bakal menceritakan mengenai kolaborasi karya Radhinal Indra antara astronomi dan hubungannya dengan manusia. Serta inspirasinya dalam berkarya, dan 11 karya unik di RUCI Artspace.

Bagaimana kelanjutan inspirasi berkarya Radhinal? Simak artikel berikutnya!


(tia/nu2)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed