DetikHot

spotlight

Alvian Anta Putra, Pelukis Muda Yogyakarta yang Makin Bersinar

Selasa, 31 Okt 2017 12:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Alvian Anta Putra, Pelukis Muda Yogyakarta yang Makin Bersinar Alvian Anta Putra, Pelukis Muda Yogyakarta yang Makin Bersinar Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Nama Alvian Anta Putra terbilang baru di ranah seni lukis Tanah Air. Namun, ketika lukisannya berhasil memenangkan kompetisi seni lukis UOB pekan lalu, namanya kian mencuat dan bersinar.

Lewat lukisan berjudul 'Diskusi', nama pria kelahiran Yogyakarta pada 29 November 1995 itu berhasil memenangkan kategori most promising artist 2017 di ajang UOB Painting of the Year. Dia mengalahkan ratusan nama lainnya yang mendaftar di kategori seniman pendatang baru.

Ditemui di Gedung UOB Plaza, Jakarta Pusat, Alvian mengatakan ini kali kedua bagi mahasiswa yang masih belajar di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menang penghargaan.

"Ini yang kedua kalinya. Tahun 2015 lalu saya jadi finalis. Dan saya coba lagi di tahun ini, dan baru dapat penghargaan tahun ini," ujar Alvian di usai malam penganugerahan, belum lama ini.

Dia pun tak menyangka lukisan yang diciptakan selama dua bulan itu mampu memukau perhatian tim dewan juri. Salah seorang juri, Agung Hujatnikajennong mengatakan karya yang menang kali ini menyentil kehidupan sehari-hari di masyarakat.

"Kalau nanti lihat, lukisannya itu sehari-hari kita. Cerita yang dekat sama kita," tutur Agung.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa ini aktif di dalam pameran di Yogyakarta. Salah satunya adalah pameran 'Art for Orangutan #2' yang digelar di Jogja National Museum pada 2016 serta pameran di Galeri Nasional Indonesia pada 2012. Beberapa penghargaan juga pernah diraihnya, seperti Karya Terbaik di Dies Natalis UST ke-61 di tahun 2016.

Kali ini, detikHOT akan menampilkan profil dari Alfian, serta inspirasinya dalam berkarya. Simak artikel berikutnya!



(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed