DetikHot

spotlight

Cerita 'Victoria and Abdul' Terungkap Setelah Ratusan Tahun

Kamis, 05 Okt 2017 15:40 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Cerita Victoria and Abdul Terungkap Setelah Ratusan Tahun Foto: Victoria and Abdul (imdb)
Jakarta -

Film 'Victoria and Abdul' mengadaptasi dari biografi berjudul 'Victoria & Abdul: The True Story of the Queen's Closest Confidant' karangan penulis asal India, Shrabani Basu.

Sebelumnya, tak ada yang mengetahui hubungan yang pernah terjalin di antara Ratu Victoria dan sang pelayannya.

Sang penulis mengungkapkan jalan panjang bagaimana ia membawa fakta demi fakta kedekatan Ratu Victoria dan pelayannya yang bernama Abdul Karim hingga menjadi sebuah biografi.



"Aku melihat sosok ini ketika aku mengikuti sebuah tur di rumah milik Ratu Victoria semasa hidup. Ada penampakan sang pelayan ini dan menarik perhatianku karena ia terlihat berbeda," ujar Basu.

Penampilan Abdul dalam lukisan itu tampak berwibawa. Lukisan itu menggambarkan sosok Abdul yang sedang melihat ke sebuah arah sambil memegang sebuah buku.

Penasaran, sang penulis menghabiskan waktu selama lima tahun untuk mengungkap siapa sosok pria di lukisan yang terpajang di rumah mendiang Ratu Victoria.

Sebuah penyelidikan panjang yang melibatkan sejarawan, membawa Basu hingga ke Kastil Windsor. Basu kemudian meminta untuk melihat jurnal Hindustani Victoria-buku kerja latihan Abdul yang biasa digunakan saat mengajarkan sang ratu bahasa Urdu.



"Belum ada yang pernah melihat arsip yang menjadi bukti kedekatan Ratu Victoria dengan Abdul Karim. Jurnal itu tersimpan ratusan tahun setelah sang ratu tiada," tutur Basu.

Kini kisah hubungan Ratu Victoria dan pelayannya yang kontroversial tak hanya dapat diketahui lewat buku. Sutradara Stephen Frears mengadaptasi filmnya ke layar lebar lewat film 'Victoria and Abdul'.


(doc/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed