Spotlight

Selain 'It', Ini Film Adaptasi Karya Stephen King

Ollivia Pratiwi - detikHot
Kamis, 07 Sep 2017 10:52 WIB
Foto: It (imdb)
Jakarta -

Karya Stephen King selalu berputar dalam genre horor, supranatural, fiksi ilmiah dan fantasi. King telah menerbitkan 54 novel, termasuk 7 novel di bawah nama pena Richard Bachman dan enam buku non-fiksi.

Selain menjual sekitar 350 juta eksemplar, King juga menulis 200 cerpen yang dikumpulkan dalam satu buku. Selain 'It' banyak karya King yang diangkat ke layar lebar. Berikut ini film-film adaptasi dari novel lainnya dari Stephen King.

5. The Shawshank Redemption (1994)

Selain 'It', Ini Film Adaptasi Karya Stephen KingFoto: (imdb)



Film yang disutradarai oleh Frank Darabont ini diadaptasi dari novel pendek karya King yang berjudul 'Rita Hayworth and Shawshank Redemption'. Film ini berhasil dinominasi untuk 7 Academy Awards di tahun 1994, termasuk untuk kategori Best Pictures.

Film ini berkisah tentang Andy Dufrense, seorang penasehan bank yang dihukum karena membunuh istrinya yang berselingkuh. Andy dihukum dua kali hukuman seumur hidup di Lembaga Pemasyarakatan Shawshank. Disana Andy berteman dengan seorang penyeludup Ellis "Red" Redding. Pertemanan mereka diawali dengan Andy yang meminta Red untuk menyeludupkan palu kecil dan poster Rita Hayworth.

Kehidupan Andy dipenjara tidak mudah. Dia secara teratur diserang oleh kelompok bernama The Sisters. Namun, karena kecerdasannya Andy mampu menarik perhatian kapten penjaga, Byron Hadley yang mengeluh tentang pajak atas warisannya. Andy pun membantunya melindungi uang tersebut secara legal.

Setelah itu banyak petugas yang meminta bantuan Andy. Itu adalah caranya untuk menghabiskan waktu di penjara. Hingga suatu hari Tommy Williams memberikan pernyataan mengejutkan mengenai malam di mana istri Andy dibunuh.

4. Dolores Claiborne (1995)

Selain 'It', Ini Film Adaptasi Karya Stephen KingFoto: (imdb)



'Dolores Claiborne' adalah film thriller psikologis yang disutradarai oleh Taylor Hackford. Film ini diadaptasi dari novel King dengan judul yang sama. Novel itu sendiri menjadi novel terlaris tahun 1992 di Amerika.

Film tersebut menceritakan tentang Dolores yang bekerja sebagai pembantu di Little Tall Island, di Maine. Dolores memiliki masalah mengurus majikannya Vera Donovan yang sudah tua dan lumpuh.

Suatu hari Vera terjatuh saat menuruni tangga. Dolores pun tertangkap basah oleh tukang pos saat ia berdiri dan terlihat seakan-akan ingin membunuh Vera. Polisi pun mulai melakukan penyelidikan ketika Vera tewas.

Putri Dolores, Selena St. George yang seorang jurnalis di New York pun tiba di kota tersebut dan berusaha membebaskan ibunya. Hal semakin sulit karena Selena yang memiliki riwayat depresi dan seorang mantan alkoholik, sedangkan Dolores yang pernah membunuh suaminya 20 tahun silam.

3. Misery (1990)

Selain 'It', Ini Film Adaptasi Karya Stephen KingFoto: (imdb)


Satu lagi film bertema triler psikologikal yang diadaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama. Disutradarai oleh Rob Reiner, 'Misery' berkisah tentang novelis terkenal Paul Sheldon. Penulis tersebut berhasil menulis novel seri yang laris. Sebuah novel romantis yang memperkenalkan karakter Misery Chastain.

Ingin fokus pada novel yang lebih serius, Paul pun menulis manuskrip yang akan diluncurkan paska novel Misery. Saat bepergian dari Silver Creek, Colorado
ke rumahnya di New York, Paul terjebak badai salju, menyebabkan mobilnya rusak dan Paul pun tak sadarkan diri. Seorang perawat bernama Annie Wilker menemukan Paul dan membawanya ke rumah terpencil.

Ketika sadar, Annie mengaku kepada Paul bahwa dia adalah penggemar nomor satunya. Karena senang, Paul pun mengizinkan Annie membaca manuskrip barunya. Namun dengan cepat tingkah laku Annie berubah menjadi agresif dan janggal. Annie yang tidak suka dengan manuskrip dan akhir dari novel Misery pun menyekap Paul.

2. The Shining (1980)

Selain 'It', Ini Film Adaptasi Karya Stephen KingFoto: (imdb)


Novel ini pertama kali dirilis tahun 1977. Ini adalah novel ketiga King yang dengan cepat mendapat title bestseller. Pada tahun 2013 King menerbitkan sequelnya yang berjudul 'Doctor Sleep'.

Pada tahun 1980, sutradara Stanley Kubrick pun mengadaptasi novel tersebut menjadi film yang diperankan oleh Jack Nicholson.

'The Shining' berkisah tentang Jack Torrance, seorang novelis yang membutuhkan waktu dan tempat yang sepi untuk menyelesaikan novelnya. Jack pun pergi ke hotel Overlook yang terpencil untuk melamar pekerjaan menjadi juru kunci selama musim dingin.

Hotel yang dibangun di atas tanah pemakaman orang asli Amerika itu tutup selama musim dingin. Setelah mendapat pekerjaan itu, Jack pun membawa istrinya, Wendy dan anaknya, Danny untuk menemaninya tinggal di hotel tersebut.

Sejak awal menginjakkan kaki di hotel tersebut, Danny sudah mengalami kejanggalan seperti seorang koki yang menyuruhnya menjauhi kamar nomor 237 dan pertemuannya dengan anak perempuan kembar yang aneh.

Kejadian aneh dihotel tersebut seperti ingin memecah belah keluarga tersebut. Jack yang stres karena novelnya pun jatuh ke bawah pengaruh mistis hotel tersebut.

1. Carrie (1976)

Selain 'It', Ini Film Adaptasi Karya Stephen KingFoto: (imdb)


Pada tahun 2013 lalu film 'Carrie' kembali di produksi dan membawa aktris cantik, Chloe Moretz berperan sebagai Carrie. Namun, film tersebut tentu saja tidak bisa mengalahkan versi klasiknya dari tahun 1976.

'Carrie' diadaptasi dari novel King dengan judul yang sama. Novel tersebut terbit pada tahun 1974.

'Carrie' berkisah tentang seorang remaja pemalu bernama Carrie White. Carrie pertamakali menstruasi saat mandi di sekolahnya setelah kelas olah raga. Tidak tahu apa yang terjadi padanya, Carrie panik dan meminta bantuan. Gadis-gadis lain justru mengejeknya. Bola lampu secara misterius pun pecah ketika Carrie berada di puncak kepanikkannya.

Mengamali kesulitan disekolah, Carrie ternyata juga mengalami hal serupa dirumah. Ibunya adalah seorang fanatik agama yang menganggap mesntruasi sebagai dosa. Carrie pun dihukum dengan di kunci dalam lemari kecil.

Perlakuan orang-orang disekitarnya membuat Carrie tertekan. Hal itu pula yang memunculkan kekuatan telekinesisnya.

Tanpa mengetahui malapetaka yang akan terjadi, Sue yang merasa bersalah karena mengejek Carrie pun menyuruh kekasihnya, Tommy untuk mengajak Carrie ke promnight.


(doc/doc)