DetikHot

spotlight

Ini Tugas Concept Artist di Balik Produksi Film Animasi

Kamis, 10 Ags 2017 13:49 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Ini Tugas Concept Artist di Balik Produksi Film Animasi Foto: The Lego Movie (imdb)
Jakarta -

Profesi ilustrator mungkin sudah cukup familiar. Akan tetapi berbeda degan profesi concept artist. Meski nyaris semua film animasi masa kini memiliki concept artist, istilah tersebut masih belum terlalu dikenal.

Charles Santoso adalah salah satu dari segelintir orang yang berprofesi sebagai concept artist. Beberapa waktu lalu, ia datang ke Indonesia.

Pada kunjungannya tersebut, detikHOT berkesempatan berbincang dengan Charles Santoso yang menjadi concept artist pada sejumlah film animasi, sebut saja 'Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole' hingga 'The Lego Movies'.

Apa sebenarnya tugas dan yang dikerjakan seorang concept artist dalam film? Charles pun mencoba menguraikannya.

Menurutnya, concept artist selalu bekerja dalam sebuah tim besar.

Ini Tugas Concept Artist di Balik Produksi Film AnimasiFoto: Charles Santoso saat menyambangi Indonesia (Saras/detikHOT)


"Concept artist saya tugasnya, kami selalu bekerja tim. Satu film jumlah total tim ada 400-500 orang. Total pengerjaannya bisa 3-4 tahun untuk satu film. Beruntung bisa masuk ke tim desain," jelasnya.

"Jadi sebelum film diproduksi, kami bersama sutradara, art director, dan production designer, kita memvisualisasikan film kira-kira nanti bakal gimana supaya sebelum produksi dan orang itu nonton 3D, bikin animasi filmnya, kita punya semacam blue print," jelasnya lagi.

Charles Santoso mencontohkan, ketika menggarap 'Legend of the Guardians: The Owls of Ga'Hoole', ia berada di dalam sebuah tim concept artist yang berisikan 14 hingga 15 orang dari berbagai negara.

Untuk membuat konsep seperti apa yang diinginkan ada di dalam film, concept artist biasanya bekerja sama dengan sutradara.

"Buat film-film itu sebelum film itu dibuat, tim story artist, story board, sama concept artist itu bekerja sama dengan sutradara untuk memvisualisasikan sebuah movie dan pitch ke studio," terangnya.

Setelah pihak studio setuju dan dana sudah masuk, barulah film akan mulai dibuat. Eits, tapi setelah itu rupanya tugas seorang concept artist belum selesai sampai di situ.

"Semua tim ini masih tetep mengerjakan bersama dengan production team which is termasuk 3D modeller, puppet, lighting, dan lain-lain. Sebagian itu design team tetep jalan. Setiap kali butuh karakter, set, environment, butuh design-nya kan. Itu semua harus disketsa. Salah satunya juga untuk agar budget lebih efektif," kata Charles lagi.

Lantas, untuk sebuah tim yang sebesar itu. Berapa kira-kira bujet yang dibutuhkan untuk sebuah film bertarafHollywood? MenurutCharlesSantoso, jumlahnya akan berbeda-beda. Tergantung ingin seperti apa dulufilmnya.

Ini Tugas Concept Artist di Balik Produksi Film AnimasiFoto: Charles Santoso menjadi concep artist di film The Lego Movie (imdb)



"Beda-beda. Kalau misalnya 'Legend of Guardians' itu USD 70-80 juta. Kalau untuk ukuran Hollywood, itu termasuk murah. Kalau misal film-film besar gitu pasti USD 150 juta biasanya," ungkapnya memperkirakan.

Akan tetapi, Charles Santoso menjelaskan, sebagai concept artist ia hanya salah satu bagian dari sejumlah rangkaian dari pembuatan film. Sehingga baginya, membicarakan budget sebuah film bukanlah kapasitasnya.

"Maksudnya saya cuma bagian kecil (sambil menerangkan dengan jari), enggak bisa ngomong (bahwa) saya yang mendesain filmnya gitu," ujarnya lagi.

Setelah membaca penjelasan di atas, ada yang berminat untuk bekerja menjadi concept artist?


(srs/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed