Spotlight

Banyak Fakta Menarik di Balik Penggarapan 'Dunkirk'

Nugraha - detikHot
Kamis, 20 Jul 2017 16:50 WIB
Foto: Dok. Warner Bros. Entertainment Inc.
Jakarta - Film karya Christopher Nolan berjudul 'Dunkirk' bakal tayang di lebih dari 3.600 bioskop besok. Sejauh ini, film tersebut bakal menjadi penjualan tiket terpanas akhir pekan ini.

Nolan menyebutkan filmnya itu memang bakal terlihat spesial di IMAX theaters. Selain itu, ada banyak fakta menarik lainnya dalam film tersebut.

1. Nolan Menulis, Memproduseri dan Menyutradarai 'Dunkirk'
Sutradara Dunkirk, Christopher NolanSutradara Dunkirk, Christopher Nolan Foto: Christopher Nolan (Stuart C. Wilson/Getty Images for BFI)
Kita tentu tahu kerap mendengar nama Nolan sebelumnya. Film-filmnya seperti sudah menjadi jaminan box office, tengok saja Trilogy The Dark Knight, Inception dan Memento. Dia menulis, menyutradarai hingga menjadi produser bersama kakaknya, Jonathan Nolan, pria di balik 'Westworld' dan 'Person of Interest'.

Kini, Nolan tampil solo bersama 'Dunkirk'. Ini juga merupakan film yang dibuatnya berdasarkan kisah sejarah. Berbeda dengan karya sebelumnya yang penuh dengan fiksi dan berbagai pemikirannya pribadi.

2. Diangkat Dari Kisah Nyata

Hollywood selalu menyukai film yang diambil dari kisah Perang Dunia ke II. Bagaimana pun juga 'Dunkirk' merupakan film pertama Nolan yang diangkat dari kisah nyata.

Ekspekstasi tinggi tentu bakal menekannya. Pertarungan yang diperlihatkan terlihat kompleks dengan tidak menonjolkan salah satu pribadi. Dia ingin melihat penonton merasakan menjadi seorang tentara langsung.

3. Tiga Perspektif: Darat, Udara dan Laut

Selain tak ingin menonjolkan salah satu tentara, Nolan fokus kepada evakuasi di 'Dunkirk'. Ada plot unik dari tiga perspektif, darat, udara dan laut.

Nolan ingin memperlihatkan apa yang terjadi di sana. Seperti pesawat yang hanya bertahan beberapa jam sebelum mengisi bahan bakar. Ada juga kapal yang butuh beberapa hari untuk sampai ke lepas pantai. Dan tentu saja, tentara yang berada di darat.

4. Dibintangi Aktor Muda
Banyak Fakta Menarik di Balik Penggarapan 'Dunkirk'Foto: dok Dunkirk
Nolan tak butuh nama besar dalam film tersebut. Ia benar-benar memilih aktor muda untuk 'Dunkirk'

Nolan langsung memilih mereka di sebuah tempat di Inggris. Dia menginginkan tak hanya cerita tapi juga bintang yang benar-benar Inggris.

Film tersebut dibintangi oleh Tom Hardy, Harry Styles, Mark Rylance dan Fionn Whitehead.

5. Desain Spesial untuk Layar IMAX

Secara visual, Nolan ingin 'Dunkirk' tak hanya menjadi film dengan rangkaian adegan yang nyaman dipandang mata. Nolan ingin mereka yang menyaksikan 'Dunkirk' dapat merasakan ketegangan sekaligus bagian dalam cerita film tersebut.

Untuk itu, sutradara pemenang Academy Awards ini sengaja menggunakan kamera IMAX untuk memperoleh visual yang ia inginkan.

6. Film yang Pendek Bagi Nolan

Ide untuk menggarap film 'Dunkirk' memang bukan pilihan random. Nolan sudah lama tahu mengenai sejarah itu bahkan ia membaca beberapa bukunya saat masih remaja.

Ini sudah lebih dari 20 tahun lalu, ketika Nolan dan istrinya terobsesi dengan cerita Dunkirk. Mereka menyewa sebuah yacht untuk melihat English Channel, tempat yang benar-benar berbahaya untuk mengendarai sebuah boat, tapi semua itu bakal terbayarkan. Apalagi sepulang dari sana, ide mengenai Dunkirk semakin banyak.

Sebenarnya 'Dunkirk' bukan film terpendek Nolan karena masih ada karyanya yang hanya berdurasi 70 menit saja yaitu 'Following'. Cukup jauh berbeda dengan karya debutnya itu, 'Dunkirk' berdurasi 1 jam 46 menit. Tapi itu masih menjadi film pendek bagi Nolan.

7. Film Pertama Nolan Tanpa Michael Caine Sejak 2002
Michael CaineMichael Caine Foto: Dimitrios Kambouris
Christopher Nolan dan Michael Caine seperti tak pernah terpisahkan dalam beberapa tahun terakhir. Ia tampil dalam 'The Prestige', 'The Dark Knight', dan 'Inception'. Bakal sulit sekali membayangkan Nolan tanpa Caine di dalamnya. Sayangnya, 'Dunkirk' akan jadi film itu.

Nolan kini hanya memiliki aktor yang lebih muda dan Caine tak sesuai dengan setting 'Dunkirk'.

8. Bukan Film Legendary Pictures

Legendary Pictures telah menghasilkan banyak film karya Christopher Nolan, seperti 'Batman Begins', 'The Dark Knight' dan 'Interstellar'. Namun untuk 'Dunkirk', Legendary Pictures keluar dari proyek itu.

Sementara Warner Bros. masih menjalin kerjasama itu dengannya. 'Dunkirk' mendapat dukungan dari banyak perusahaan produksi lainnya juga termasuk Syncopy, Dombey Street Productions, Kaap Holland Film.

9. Kerjasama Nolan dengan Hans Zimmer

Hans Zimmer telah menciptakan musik-musik terbaik sepanjang sejarah film. Dia merupakan komposer film besar macam 'The Lion King', 'Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl', 'Muppet Treasure Island', Frost/Nixon, dan juga 'Iron Man'. Khususnya untuk tayangan Netflix 'The Crown and The Pacific'.

Zimmer juga mengerjakan sebagian besar film Nolan di masa lalu. Nolan kembali bekerjasama lagi dengan Zimmer untuk 'Dunkirk'. Ia menciptakan musik sesuai dengan tema filmnya, jadi jangan mengharapkan sesuatu yang kurang menakjubkan dari Zimmer, karena nilainya pasti akan luar biasa dan bisa menempatkan kita di dalam film tersebut.

10. 'Dunkirk' Ternyata Bukan Film Perang

'Dunkirk' tak bisa dikategorikan sebagai film perang. Itu memang niat Nolan. Dia ingin menjadikan cerita fiksi tentang pemuda yang berjuang hidup di antara kegelapan perang.

Nolan fokus kepada aspek kelangsungan hidup. Alih-alih berpusat pada strategi perang, Nolan justru fokus pada representasi para pemuda yang berusaha mengevakuasi.

Ada kemungkinan penonton tak akan pernah melihat sisi musuh sepenuhnya. Ini bukan Jerman vs Sekutu. Kelangsungan hidup adalah kemenangan, bukan memenangkan perang.

Saksikan video 20detik mengenai Dunkirk di sini:

(nu2/nu2)