Spotlight

Pendapatan Film-film Perang Dunia II

Devy Octaviany - detikHot
Kamis, 20 Jul 2017 14:54 WIB
Foto: Dok. Melinda Sue Gordon/Warner Bros. Entertainment Inc.
Jakarta - Film Perang Dunia II memang banyak sekali yang digarap Hollywood. Namun sejauh ini yang paling 'berhasil' adalah 'Saving Private Ryan' yang dibuat pada 1998.

Ungkapan berhasil itu tentu saja hanya pada sisi penghasilan saja, tidak berdasarkan banyak kategori lainnya. Film yang dibintangi oleh Tom hanks tersebut dibuat dengan budget 70 juta dolar US. Sementara penghasilan yang diraih lebih dari 481 juta dolar.

Selain itu, ada juga film karya Michael Bay, sutradara yang dikenal dengan ledakan-ledakannya. Sosok kontroversial itu membuat 'Pearl Harbor' pada 2001 dengan budget 140 juta dolar. Dua kali lipat dari film di atas. Namun ternyata penghasilannya tidak bisa melebihi 'Saving Private Ryan' yang hanya meraih 449 juta dolar.
Dalam satuan Juta Dolar Amerika SerikatDalam satuan Juta Dolar Amerika Serikat Foto: dok detikHOT
Jauh sebelum itu, film 'Schinder List' yang dibuat 1993 berhasil meraih 321 juta dolar, padahal biaya pembuatan film yang bercerita tentang bisnisman dari Jerman itu hanya menghabiskan 22 juta dolar.

Yang paling terbaru ada 'Hacksaw Ridge' yang masuk beberapa kategori dalam nominasi Oscar 2016. Film tersebut dibuat dengan budget 40 juta dolar, lalu menghasilkan 175 juta dolar.

Dari catatan, film tentang Perang Dunia II paling tidak beruntung adalah 'Flags of Our Father' yang dibuat pada 2006. Menghabiskan biaya 90 juta dolar, film tersebut cuma menghasilkan 65 juta dolar.

Amerika memang sangat menyukai film-film tentang kehebatan angkatan perangnya. Cerita mengenai peperangan itu menjadi menu wajib Hollywood.

Sementara film 'Dunkirk' yang disebut-sebut sebagai film perang terbaik yang baru akan dirilis besok, menghabiskan budget sekitar 150 juta dolar. Bakal sejauh mana penghasilan film yang disutradarai oleh Christopher Nolan itu?

(nu2/nu2)