Spotlight

'Dunkirk' Menangkan Hati Kritikus, Selanjutnya Apa?

Devy Octaviany - detikHot
Kamis, 20 Jul 2017 13:17 WIB
Foto: Dok. Melinda Sue Gordon/Warner Bros. Entertainment Inc.
Jakarta - 'Dunkirk' yang merupakan film tentang Perang Dunia II memenangkan hati para kritikus. Bahkan kini, seruan mereka memicu penghargaan yang mendunia.

Ada asa yang terus mendorong pembuat film tersebut masuk sebagai nominasi Oscar, sebagai sutradara terbaik. Dari tagline yang selama ini muncul di media memang sudah tertulis bahwa 'Dunkirk' merupakan film perang terbesar yang pernah ada.

Menurut Hollywood Reporter, 'Dunkirk' sebenarnya memadukan unsur-unsur dari banyak film perang masa lampau. Sebuah pernyataan tentang kesuraman hingga kesia-siaan perang. Selain itu, mereka juga menulis empat kemungkinan 'Dunkirk' untuk meraih penghargaan tertinggi di dunia perfilman.
Adegan di film DunkirkAdegan di film Dunkirk Foto: Dok. Warner Bros. Entertainment Inc.


1. Academy sama sekali mengabaikan film tersebut, seperti debut Nolan pada film 'Following' pada 1998, 'Insomnia' 2002 dan 'The Dark Knight Rises' pada 2012. Namun itu disebut tak akan terjadi pada 'Dunkirk' yang merupakan film ramah Oscar, yang pernah dibuatnya. Jauh dari adaptasi buku sci-fi, horor atau komik.

2. Academy mengenali tingkat kerajinan dan teknis dalam film ini atau mungkin skenarionya. Seperti, 'Memento' tahun 2000, yang dinominasikan untuk original screenplay dan film editing, 'The Prestige' 2006 yang juga dijagokan dalam kategori art direction and cinematography, atau 'Batman Begins' yang mendapat mention untuk cinematography.


Saksikan video 20detik mengenai Dunkirk di sini:


Pada 2014, Nolan juga bikin 'Interstellar' yang berakhir dengan penghargaan efek visual terbaik dan masuk nominasi original score, production design, sound editing dan sound mixing. Melihat bukti itu, banyak pengakuan untuk film Nolan, termasuk dari Academy yang menghargai kemampuan pembuatan film.

3. Academy mengenali tingkat kerajinan dan teknis dalam film ini tapi bukan pada sosok Nolan. Seperti halnya dengan film yang paling disukai Academy, 'Inception' pada 2010. Film tersebut memenangkan cinematography, sound editing, sound mixing dan visual effects. Dan juga masuk nominasi best picture, original screenplay, original score dan art direction.

4. Academy menyukai film tersebut dan mengenai seluruhnya atau setidaknya sebagian besar dari area yang disebutkan di atas.

Mereka lantas menulis tentang pilihan yang paling mungkin terjadi, yaitu nomor tiga dan empat. Namun itu memang tergantung sepenuhnya kepada Academy.

'Dunkirk' bakal dirilis besok, 21 Juli 2017 di bioskop seluruh dunia. Disebut-sebut sebagai film perang terbaik dalam 25 tahun terakhir.


(nu2/nu2)