DetikHot

Spotlight

Rupi Kaur, Penyair Muda yang Terkenal Lewat Instagram

Selasa, 04 Jul 2017 14:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rupi Kaur, Penyair Muda yang Terkenal Lewat Instagram Rupi Kaur, Penyair Muda yang Terkenal Lewat Instagram Foto: Istimewa/ Rupi Kaur
Jakarta - Selama tiga tahun belakangan nama Rupi Kaur makin ngehits di media sosial. Bermula dari postingan kontroversial di akun Instagram, Rupi Kaur kian melanglang buana ke mancanegara mempromosikan puisi-puisi ciptaannya.

Kata-kata yang sederhana, memikat, menyentuh pembaca, dan memiliki makna yang dalam itu membuat namanya makin dikenal. Siapakah Rupi Kaur?

Penyair puisi-puisi feminis itu tinggal di Kanada. Perempuan kelahiran Punjab, India, itu sempat berpindah-pindah tempat tinggal, bermula ketika berusia 4 tahun dia dan keluarganya pindah ke Toronto, Kanada.

Rupi Kaur kerap menulis puisi bagi orang-orang terdekat. Lambat laun, dia pun mempublikasikan di situs media sosial seperti Instagram dan Tumblr. Buku kumpulan puisi pertamanya 'Milk and Honey' terjual lebih dari 1,4 juta kopi sampai sekarang.



"Buku saya tidak akan pernah dipublikasikan tanpa media sosial," kata Rupi Kaur, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2017).

Buku kumpulan puisi 'Milk and Honey' membahas berbagai tema dimulai pemerkosaan, kekerasan, alkoholisme, kondisi traumatik, dan lain-lain. Di setiap puisinya, Rupi Kaur menciptakan ilustrasi-ilustrasi sederhana.

"Saya memang tidak pernah mencoba menulis buku bahkan tidak dalam rencana hidup saya. Saya memposting karya secara online hanya karena syair puisi membuat saya merasa lega. Itu adalah cara saya untuk menyingkirkan hal yang mengganjal di dada saya," tutur Rupi Kaur.

Sejak beberapa bulan di tahun 2017, Rupi Kaur telah melakukan tur ke mancanegara di belahan benua Eropa, Amerika Serikat hingga Australia. Tiket pementasan pembacaan puisinya pun selalu ludes terjual kurang dari 45 menit. Bahkan di London kurang dari 10 menit. Penonton yang datang mayoritas perempuan dan siswa.

Seperti apa sosok Rupi Kaur? Simak artikel berikutnya!



(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed