DetikHot

spotlight

Natasha Gabriella Tontey Bicara Soal Kanibalisme, Teror, dan Makan Mayit

Selasa, 28 Feb 2017 13:43 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Natasha Gabriella Tontey Bicara Soal Kanibalisme, Teror, dan Makan Mayit Foto: Istimewa/ Youtube
Jakarta - Tiga tahun lalu nama Natasha Gabriella Tontey masuk ke dalam daftar 10 seniman muda yang bersinar versi detikHOT. Kali ini nama perempuan yang akrab disapa Tontey itu kembali diperbincangkan lantaran karya #MakanMayit yang menuai kontroversi di media sosial.

Hari ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise pun mengomentari mengenai pro-kontra karya tersebut. Siapakah Tontey?

Kepada detikHOT, via surel Tontey berbicara tentang karya yang diciptakannya, konsep kanibalisme, dan teror yang menginspirasi dalam menciptakan karya. Termasuk alasannya dalam membahas ketakutan secara global.

"Ini berhubungan dengan minat saya untuk membahas ketakutan dengan hal yang lebih global. Dimulai dari hal-hal kecil untuk membahas sesuatu yang lebih besar dan pertanyaan saya akan ketakutan itu sendiri," ujarnya kepada detikHOT, Selasa (28/2/2017).

"Mungkin ketakutan adalah suatu ciptaan oknum tertentu untuk mengontrol ketakutan lain, contoh paling dekat dengan kita adalah larangan dalam berbentuk ketakutan yang dibuat oleh orang tua terhadap anak, karena orang tua memiliki ketakutan tersendiri atau isu-isu hantu atau teror yang dibuat oleh oknum-oknum tertentu untuk mengontrol masyarakat," lanjutnya lagi.

Dalam ranah seni rupa kontemporer, nama Tontey bukan pemain baru. Dia memulai proses kekaryaannya mulai dari workshop fotografi di Galeri Jurnalistik Antara hingga menjalani residensi di Cemeti Art House Yogyakarta.

Simak artikel berikutnya tentang Tontey!
(tia/dar)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed