Spotlight!

Mengenal Bioskop Bisik, Nonton Film Bareng Mereka yang Tak Bisa Melihat

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 21 Jul 2016 10:58 WIB
Foto: dok. Bioskop Bisik
Jakarta -

Nonton film menjadi salah satu hal yang digandrungi banyak orang untuk melepas kejenuhan. Hiburan yang satu ini disukai siapapun dari anak-anak hingga mereka yang telah dewasa.

Meski begitu tak semua orang dapat memperoleh akses asyiknya menikmati cerita dengan gambar hidup yang tampil di atas sebuah layar besar. Terutama, bagi penyandang disabilitas salah satunya para tunanetra.

Bioskop Bisik lahir membawa misi untuk membantu mereka yang terbatas penglihatannya untuk menikmati film dengan sensasi sama yang dirasakan orang kebanyakan.



Adalah Cici Suciati, penggagas terbentuknya aktivitas nonton bareng bersama para tunanetra tersebut. Cici telah menjalankan Bioskop Bisik sejak satu setengah tahun lalu dengan merekrut orang-orang dengan visi yang sama untuk membantu para penyandang disabilitas menikmati film di bioskop.

"Kita menyebut Bioskop Bisik ini sebagai acara nonton yang melibatkan satu tunanetra dan satu relawan bisik yang bertugas membisikkan deskripsi adegan film pada tunanetra. Ya, membantu tunanetra menikmati film dan mengapresiasi film dengan lebih baik," ujar Cici saat berbincang dengan detikHOT belum lama ini di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan.

Berawal dari tugas kantor yang ia lakukan, sejak Januari 2015 lalu, Cici rutin menjalankan program Bioskop Bisik hingga kini. Awalnya, bersama pihak kantornya yang bergerak di bidang digital media, ia menggarap program yang diberi nama 'Youtube for The Blind'.

Program tersebut menjadi cikal bakal bergulirnya aktivitas Bioskop Bisik hingga sekarang.

Banyak kisah menarik dari kegiatan Bioskop Bisik. Tak hanya nonton bareng, agendanobar seperti ini juga menjadi aktivitas sosial yang seharusnya bisa disebarluaskan. Ikuti terus berita tentang Bioskop Bisik, hanya didetikHOT hari ini!

(doc/mmu)