detikHot

Spotlight!

Menyimak Kesuksesan Film 'The Angry Birds Movie' Adaptasi dari Game

Kamis, 26 Mei 2016 10:21 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: imdb Foto: imdb
Jakarta - Lewat seri ketiga Captain America dalam 'Civil War', Marvel dan Disney sempat menancapkan taringnya di posisi puncak box office. Namun belum lama ini, posisi 'Captain America: Civil War' tergeser dari tahta.

Kisah burung pemarah berwarna merah menaklukan kekuatan sang Captain. Dirilis pertama kali pada 20 Mei lalu, 'The Angry Birds Movie' disambut baik dan memperoleh pendapatan fantastis.

Film tersebut nyatanya adalah sebuah game populer yang dirilis sejak 2009 lalu. Perusahaan pencipta game Angry Birds, Rovio Entertainment sebenarnya sudah memiliki rencana untuk mengangkat game ini ke dalam versi layar lebar sejak 2012.

Memutuskan untuk membuat film dari tokoh burung pemarah ini menjadi lompatan besar. Mikael Hed pimpinan perusahaan game yang berbasis di Finlandia itu mengatakan, mengubah karakter game yang dimilikinya dalam film tentu akan berdampak pada image Angry Birds yang telah dikenal sejak lama.



"Karena sejak awal kami membuat tokoh itu tak bicara, bahkan mereka juga tak memiliki anggota tubuh," ujar Hed dalam wawancara yang dikutip dari Venturebeat.

Perjalanan Angry Birds menuju layar lebar akhirnya dimulai ketika mantan petinggi Marvel Studios, David Maisel bergabung dan mulai mengatur strategi. Rovio kemudian juga menggandeng produser animasi 'Despicable Me' untuk membantu menjalankan produksi.

Animator berdarah Irlandia Fergal Reilly dan mantan departemen animasi Walt Disney Clay Kaytis pun dipilih sebagai sutradara.



Keduanya mengaku tak memiliki banyak formula untuk membuat Angry Birds sukses.

"Kami hanya perlu bersenang-senang selama menggarap karakter ini. Ini adalah pengalaman baru bagi saya," ujar Claytis.

"Karena kami membuat film bukan untuk sebuah sosok yang besar. Ia tak butuh banyak konsekuensi, pada akhirnya ini menjadi sebuah film yang kami ingin membuatnya dan melihatnya ada di bioskop," imbuhnya lagi.

Dalam film, burung pemarah bernama Red diisi perannya oleh aktor Jason Sudeikis. Ia berteman dengan Chuck yang suaranya diisi oleh Josh Gad. Chuck adalah burung yang gemar bicara dan selalu terjebak dalam masalah. Selain itu ada pula Bomb, ketiganya menjadi tiga serangkai yang terpinggirkan.

Red, Chuck, dan Bomb memiliki masalah yang sama dan dipertemukan di dalam kelas anger management.

Dari penayangannya secara global, 'The Angry Birds Movie telah memperoleh pendapatan hingga $111 juta. Sebuah pencapaian yang luar biasa dari film yang kisahnya mengadaptasi video game.


(doc/doc)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com