DetikHot

spotlight

'The Architecture of Love', Novel Baru Ika Natassa yang Gandeng Twitter

Rabu, 06 Apr 2016 12:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
The Architecture of Love, Novel Baru Ika Natassa yang Gandeng Twitter Foto: Pribadi/ Ika Natassa
Jakarta - Sukses merilis 'Critical Eleven' sebanyak 1.111 eksemplar dan terjual dalam waktu kurang dari 11 menit saat pre-order, kali ini Ika Natassa menghadirkan karya terbaru tahun ini. Berjudul 'The Architecture of Love', karya ini hasil kerja sama dengan Twitter Indonesia, serta diterbitkan di bawah Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Proyek tersebut memanfaatkan fitur Twitter Poll untuk merangkai alur cerita. Karya ini merupakan buku pertama di dunia yang melibatkan pembaca dalam mengambil keputusan terkait plot melalui fitur Poll.

Ika menceritakan awal Desember 2015, pihak Twitter menghubunginya untuk bekerja sama dalam proyek penulisan terbaru yang diberi nama #PollStory. "Cerita tersebut aku tweet berseri kemudian di ujung setiap episode akan ada poll, di mana pembaca bisa memilih apa yang akan terjadi selanjutnya di cerita," ujarnya ketika dihubungi detikHOT, Rabu (6/4/2016).

Pengikut akun Twitter Ika akan menentukan episode selanjutnya dari pilihan yang terbanyak. "Aku mengusulkan ke Twitter agar episode pertama dimulai pada malam Tahun Baru," tandasnya.

Pengambilan peristiwa tersebut, diakui Ika, sesuai dengan kejadian tokoh utama yang pergi ke pesta Tahun Baru di New York. Episode berakhir saat 14 Februari 2016, bertepatan dengan Hari Valentine.

Ika pun membaginya dalam dua episode per-minggu sehingga mencapai totalnya ada 14 episode. Namun, kisah tak berhenti dari polling para pembaca setia buku-buku penulis yang kini berdomisili di Medan, Sumatera Utara tersebut. Agar masih menyimpan misteri dan teka teki, Ika sudah merencanakan akan menulis bab tambahan.

"Episode #PollStory berakhir tapi cerita Raia dan River masih berlanjut. Jadi novel yang akan terbit nanti terdiri dari #PollStory plus bab tambahan sampai ending tersebut," pungkas Ika.

Bentuk ceritanya tidak akan berisi kumpulan tweet tapi prosa seperti 'Antologi Rasa' (2011), dan 'Critical Eleven' (2015). 'The Achitecture of Love' akan menjadi novel ke-8 dari penulis yang dinominasikan sebagai Penulis Muda Berbakat di Khatulistiwa Literary Award (KLA) pada 2008. Sebelumnya, Ika pernah menerbitkan 'A Very Yuppy Wedding' (2007), 'Divortiare' (2008), 'Underground' (2010), 'Antologi Rasa' (2011), 'Twivortiare' (2012), dan 'Twivortiare 2' (2014). 'A Very Yuppy Wedding' terpilih menjadi Editor's Choice Majalah Cosmopolitan Indonesia tahun 2008, dan saat ini 'Antologi Rasa' segera diadaptasi jadi film layar lebar.

Simak terus artikel tentang Ika Natassa dan proyek terbaru 'The Architecture of Love' yang akan rilis saat Makassar International Writers Festival (MIWF) pada 18-21 Mei mendatang!



(tia/mmu)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed