Spotlight

Yayan Ruhiyan Bintangi 'Yakuza Apocalypse' Tanpa Casting

Adhie Ichsan - detikHot
Selasa, 30 Jun 2015 10:45 WIB
Jakarta -

Ketika memiliki ide untuk membuat film 'Yakuza Apocalypse', nama pertama yang dipikirkan sutradara Takashi Miike sebagai pemain adalah Yayan Ruhiyan. Aktor laga lulusan 'The Raid' itu terpilih tanpa melalui proses casting.

"Alhamdulillah pertama kali kerja di luar Merantau (films) justru dari luar. Saya main di sini tanpa casting," kata Yayan dengan rendah hati saat ditemui jelang premiere filmnya, Senin (29/6).

Aktor yang menguasai bela diri pencak silat itu memang baru main film yang semuanya produksi Merantau milik Gareth Evans dan Maya Barack. Yayan mengawali karier di industri hiburan sebagai koreografer pertarungan film 'Merantau', sebelum muncul di layar dalam dua film 'The Raid'.

Lewat aksi di film-film itu pula nama Yayan melambung hingga ke mancanegara. Saat 'Yakuza Apocalypse' diputar di Cannes International Film Festival beberapa waktu lalu, nama Mad Dog diteriakkan dengan meriah dan disambut pengunjung.

Baca Juga: 'Yakuza Apocalypse': Dunia Absurd Sindikat Kriminal

"Cannes luar biasa. Itu di luar ekspektasi saya. Itu kayak undangan kawinan. Makan, ganti baju, ngobrol, nonton film, terus besoknya pulang. Sangat berkesan buat saya. Siapa sih yang nggak mau hadir di festival internasional? Mudah-mudahan sambutan itu juga bisa saya dapatkan di sini. Di negara sendiri," kata Yayan.

Dalam 'Yakuza Apocalypse' Yayan memberikan tampilan fisik seperti Mad Dog, dengan rambut gondrong dan memiliki kekuatan besar meskipun tubuhnya mungil. Ia memainkan karakter bernama Kyoken.

"Kalau di sini artinya sama dengan Mad Dog. Saya tertarik karena ini dua karakter, anime-otaku dan Yakuza," terangnya.



Ketika berkepribadian anime-otakku, Yayan mengenakan pakaian seperti orang culun. Tapi menurutnya definisi nama itu adalah maniak, jadi jangan terkecoh dengan penampilan. Sementara sosok Yakuza digambarkan dirinya yang jago bela diri.

Dalam tiap adegan pertarungan, Yayan tidak secara khusus memperagakan ciri khas pencak silat, karena mungkin kurang relevan dengan karakter Yakuza. "Tapi ini jadi momen bahwa pencak silat adalah seni dan juga olahraga. Dari teknik tarian, bahkan sampai keras dan kasar," katanya.

'Yakuza Apocalypse' rilis di bioskop mulai Rabu (1/7) besok.

(ich/ron)