#77PortraitAnakBangsa

Ronny Gani, Putra Indonesia di Balik Dahsyatnya Animasi Avengers

Yudistira Perdana Imandiar - detikHot
Sabtu, 13 Agu 2022 17:05 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G.
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: Dok OPPO)
Jakarta - 'The Avengers: Infinity War' layak disebut sebagai salah satu film superhero paling populer sedunia. Film sci-fi tersebut menyajikan cerita kompleks dibalut visual memukau.

Kepopuleran The Avengers merebak di kalangan masyarakat remaja maupun dewasa di Indonesia. Tapi, di balik animasi berkualitas adiluhung The Avengers, ada guratan tangan animator asal Indonesia. Dia adalah Ronny Gani!

Gani terlibat di sejumlah film papan atas Hollywood. Selain The Avengers, ia juga ambil bagian dalam penggarapan film-film box office lainnya, yakni 'Pacific Rim', 'Ant-man', 'Warcraft', dan lain-lain.

Meski telah sukses terlibat dalam berbagai film produksi Hollywood, perjalanan karier Gani hingga menjadi animator seperti yang ia kerjakan saat ini, bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Dirinya bahkan sempat merasa salah jurusan saat memasuki akhir masa perkuliahan. Sebelumnya, ia bercita-cita menjadi arsitek, namun menjelang lulus, ia baru menyadari bahwa panggilan hatinya bukan di situ.

Di masa perkuliahan itu, Gani mulai mengenal dengan 3D software yang dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas desain arsitektur. Ia pun mengetahui kalo software tersebut lebih banyak digunakan di bidang animasi dan visual effects untuk industri film. Karena dorongan artistik yang cukup tinggi, ia memutuskan untuk mendalami bidang tersebut.

Gani pun memutuskan mengembangkan kemampuannya menggarap animasi secara otodidak. Alasannya, pada saat itu belum ada akses belajar formal yang memadai di dalam negeri. Ia pun saat itu tidak memiliki pilihan untuk belajar ke luar negeri.

Selepas lulus kuliah, Gani tak langsung bekerja sebagai animator. Ia terus belajar tentang computer graphic imagery (CGI), dan setelah 6 bulan lulus kuliah, ia akhirnya mendapat pekerjaan sebagai animator di Batam.

Berangkat ke Batam, siapa sangka pekerjaan itulah yang mengantarkannya pada peruntungan. Gani pun akhirnya mendapatkan kesempatan pindah ke Lucasfilm/ILM. Di tahun ke-4 bekerja, ia dipercaya mengerjakan proyek layar lebar untuk film 'Avengers' yang pertama. Sejak itulah ia mulai mengerjakan dan terlibat di film-film skala besar, termasuk 'Avengers: Infinity War'.

Gani mengaku bersyukur dan bangga sudah terlibat dalam proyek-proyek tersebut. Ia senang karyanya bisa dinikmati oleh penonton di seluruh dunia, termasuk juga di Tanah Air.

Gani meyakini animator-animator Indonesia bisa berbicara banyak di level internasional. Gani menilai, tak peduli dari mana pun animator berasal, karena yang dinilai adalah kemampuan dari individu tersebut. Baginya, hal itu membuat sangat memungkinkan apabila ada anak Indonesia yang ingin berkarier di industri animasi internasional.



Simak Video "BNI Creativepreneur : Becoming The New Obsession Visual Design"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)