Review The Good Nurse: Kisah Nyata Yang Menegangkan

ADVERTISEMENT

Review The Good Nurse: Kisah Nyata Yang Menegangkan

Candra Aditya - detikHot
Senin, 31 Okt 2022 08:25 WIB
the good nurse
The Good Nurse Foto: dok Netflix
Jakarta -

Amy Loughren (Jessica Chastain) adalah suster yang kewalahan. Sebagai single mother, pekerjaan ini menyita hidupnya. Tentu saja anak-anaknya merasa bahwa ibunya tidak pernah ada. Ditambah lagi dengan penyakit jantungnya yang mengharuskan dia mendapatkan operasi, saat ini hidup Amy jauh dari pelangi dan kebahagiaan. Kemudian masuklah suster baru bernama Charlie Cullen (Eddie Redmayne).

Charlie tidak hanya berkata halus tapi perangainya juga baik. Dia bisa relate dengan semua masalah Amy. Charlie enak diajak ngobrol dan terlebih lagi dia bisa membantu Amy mengurusi kedua anaknya. Hubungan keduanya adalah contoh bagaimana persahabatan platonik bisa membantu satu sama lain. Sampai akhirnya tiba-tiba pasien Amy mulai meninggal satu-satu karena hal misterius dan semua petunjuk mengarah ke Charlie.

The Good Nurse, thriller dari Tobias Lindholm (penulis The Hunt dan Another Round-nya Mads Mikkelsen), adalah contoh yang baik bagaimana mengadaptasi kisah nyata tentang psikopat. Tidak seperti Dahmer (yang juga rilisan Netflix) atau adaptasi kisah nyata kriminal kebanyakan, Lindholm memilih jalur yang tradisional, bukan yang sensasional. Ia menghindari romantisasi adegan-adegan kriminalnya.

Lindholm juga tidak mencoba untuk membuat penonton berempati dengan penjahatnya dengan memberikan background story yang menyedihkan (seperti kebanyakan cerita sejenis). Hasilnya, skrip yang dibuat oleh Krysty Wilson-Caims menjadi lebih mudah untuk menempatkan dimana posisi penonton seharusnya berada.

Dengan dasar cerita yang menghebohkan (diadaptasi dari buku karya Charles Graeber), The Good Nurse akan sangat mudah mengambil treatment yang lebih bombastis. Sisi yang diambil oleh pembuat film ini agak sedikit lebih kompleks dan lebih subtil. Film ini memang fokus dengan kejahatan Charlie Cullen tapi The Good Nurse juga membahas tentang bagaimana kapitalisme membutakan rumah sakit yang pernah mempekerjakan Cullen. Lihat bagaimana susahnya detektif di film ini menyelidiki kasus kematian misterius hanya karena rumah sakit-rumah sakit yang pernah mempekerjakan Cullen menolak kerja sama.

Secara visual, The Good Nurse nampak sederhana tapi kalau Anda memperhatikan pilihan-pilihan gambar Lindholm, Anda akan melihat betapa efektifnya pemilihan shot Lindholm. Sinematografer Jody Lee Lipes melukis The Good Nurse dengan warna-warna kelabu yang mendung. Ketika plot film mulai berubah dari drama menjadi thriller investigasi, Lindholm hanya bergantung pada close-up untuk menunjukkan perubahan sikap karakter-karakternya.

Keputusan ini adalah sebuah pertaruhan besar. Tapi untungnya Lindholm memiliki aktor-aktor yang baik untuk memainkan karakter-karakter ini. Eddie Redmayne sangat meyakinkan sebagai seorang sociopath. Ia bisa terlihat sangat tulus tapi kalau Anda perhatikan dengan seksama, ada ekspresi aneh di wajahnya. Amy adalah peran yang sangat berbeda dengan peran yang membuat Jessica Chastain mendapatkan Oscar pertamanya awal tahun ini.

Kalau Tammy Faye adalah karakter yang larger-than-life, lengkap dengan visual yang sangat grande, Amy adalah sosok yang menjadi korban kerasnya hidup. Suaranya pelan, ekspresinya sederhana tapi reaksi-reaksinya terhadap situasi yang ada di sekitarnya tetap selalu on point. Perhatikan bagaimana Amy bereaksi ketika dia akhirnya tersadar bahwa sahabat barunya adalah pembunuh. Jessica Chastain sanggup mempersembahkan adegan tersebut dengan santai, seperti tanpa usaha.

Ada beberapa bagian dalam The Good Nurse yang memang terasa sangat manipulatif. Tetapi secara keseluruhan, film ini berhasil melakukan tugasnya. Ia sukses menggambarkan sebuah kisah yang membangongkan dengan plot yang baik, tempo yang enak dan dimainkan dengan oke oleh para pemainnya. Kalau Anda rindu dengan thriller investigasi yang vibe-nya seperti film-film 90-an yang sabar dan mengesankan, The Good Nurse jelas tidak bisa dilewatkan.


The Good Nurse dapat disaksikan di Netflix
Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "K-Talk: Eksekusi Ciamik 'Alienoid' yang Gabungkan Sci-fi dan Zaman Goryeo"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT