Hot Review

The Trial of The Chicago 7, Drama Persidangan yang Menegangkan

Candra Aditya - detikHot
Jumat, 23 Okt 2020 20:34 WIB
The Trial Of The Chicago 7
The Trial of The Chicago 7 / Foto: (Official Netflix)
Jakarta -

7 protestor dari berbagai kelompok diadili di Chicago. Mereka adalah Abbie Hoffman (Sacha Baron Cohen) dan Jerry Rubin (Jeremy Strong) dari kelompok Youth International Party Hippie, Tom Hayden (Eddie Redmayne) dan Rennie Davis (Alex Sharp) dari aktivis mahasiswa, ketua dari National Mobilitization Comittee to End the War in Vietnam David Dellinger (John Caroll Lynch) dan Lee Weiner (Noah Robbins) dan John Froines (Daniel Flaherty).

Mereka dituduh telah melakukan kericuhan saat demonstrasi meminta agar pemerintah menghentikan perang di Vietnam. Mereka tidak sendiri tentu saja. Drama persidangan ini juga diramaikan oleh Bobby Seale (Yahya Abdul-Mateen II) yang merupakan national chairman dari Black Panter Party, pengacara mereka yaitu William Kuntsler (Mark Rylance) dan tentu saja hakim yang akan membuat Anda mendidih sepanjang durasi, Julius Hoffman (Frank Langella).

Disutradarai dan ditulis oleh Aaron Sorkin yang terkenal dengan dialognya yang panjang dan cara bertutur yang asyik, The Trial Of The Chicago 7 adalah film Sorkin luar dalam. Meskipun kali ini agak kurang panas seperti karya-karyanya yang lain. Seperti halnya Molly's Game, The Social Network atau bahkan serial The Newsroom, Sorkin bermain-main dengan waktu.

The Trial Of The Chicago 7The Trial Of The Chicago 7 Foto: (Official Netflix)

Penonton diajak untuk melihat apa yang sedang terjadi dan apa yang telah terjadi dengan para terdakwa selama 130 menit. Sayangnya, tidak seperti film-film Sorkin sebelumnya, kali ini dramanya tidak cepat memanas. Dibandingkan dengan The Social Network yang langsung ngegas dari awal film dimulai, The Trial Of The Chicago 7 butuh separuh jalan untuk membuat saya benar-benar terikat dengan drama yang ada di dalamnya.

Selain itu, interaksi-interaksi karakternya juga tidak semulus seperti yang biasa saya saksikan dari karya-karya Sorkin. Ini sebuah anomali mengingat Sorkin biasanya sangat baik dalam membuat ensemble cast terasa seperti sebuah kesatuan yang padu. Tapi dalam The Trial Of The Chicago 7, rasanya ada yang kurang. Karakter-karakter ini kurang menohok. Mereka seperti kekurangan oli untuk membuat drama-dramanya terasa lebih liar. Ini sungguh aneh mengingat Sorkin sudah memegang sebuah tema yang sungguh relevan sampai sekarang.

The Trial Of The Chicago 7The Trial Of The Chicago 7 Foto: (Official Netflix)

Meskipun The Trial Of The Chicago 7 tidak selincah Molly's Game, debut penyutradaraan Sorkin yang dirilis beberapa tahun lalu, tapi The Trial Of The Chicago 7 tetap menunjukkan bahwa Sorkin adalah pencerita yang baik. Beberapa adegan terlihat begitu efektif untuk membuat saya merasakan emosi yang menggebu-gebu. Seperti ketika polisi-polisi mulai menyerang para demonstran. Di tangan Sorkin adegan tersebut terasa benar-benar menggelegar.

Apalagi melihat realita yang ada di sekitar kita akhir-akhir ini, adegan yang digambarkan oleh Sorkin terasa seperti sebuah potret. Rasanya terlalu dekat dengan kita. Relevan sekali dengan kondisi yang terjadi sekarang. Yang juga mungkin membuat The Trial Of The Chicago 7 menjadi film yang harus Anda tonton adalah bagaimana cara Sorkin membuat proses pengadilan di film ini terasa seperti sebuah sirkus. Penonton diajak untuk menyaksikan bagaimana usaha sebuah negara untuk membungkam rakyat-rakyatnya.

The Trial Of The Chicago 7The Trial Of The Chicago 7 Foto: (Official Netflix)

Bagaimana negara bersikeras untuk meyakinkan bahwa ia baik-baik saja padahal ia sangat korup. Melihat Hakim Julius Hoffman terus-terusan melakukan blunder demi blunder seperti sebuah pengingat bahwa kita juga hidup di sebuah situasi yang hampir mirip.

The Trial Of The Chicago 7 mungkin akan menjadi produk yang lebih baik jika ia dipegang oleh sutradara yang lebih canggih. Pemilihan cast Sorkin untuk film ini agak kurang seru karena ada beberapa cast yang terasa begitu menggelegar (Frank Langella) dan juga yang terasa sekali agak miscast (Joseph Gordon-Levitt).

Tapi meskipun begitu, film ini tetap lebih baik dari kebanyakan film yang ada di luar sana. Kalau Anda membutuhkan pengingat bahwa selalu akan ada penguasa yang mau seenaknya sendiri, film ini harus Anda cicipi.

The Trial of Chicago 7 dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.



Simak Video "Netflix Bakal Rilis Film di Bioskop AS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)