detikHot

premiere

'Space Force', Pusingnya Misi Menaruh Manusia di Bulan

Jumat, 05 Jun 2020 14:47 WIB Candra Aditya - detikHot
Space Force Space Force (imdb.)
Jakarta -

Jenderal Mark R. Naird (Steve Carrell) naik pangkat. Dia kini menjadi kepala cabang United States Armed Forces yang diberi nama, ehem United Space Force. Tentu saja ada kolega yang benci dirinya dan mempertanyakan kenapa Naird mendapatkan posisi ini tapi ada juga yang takjub dengan keberhasilannya.

Naird sendiri gelisah karena ini tugas yang tidak mudah. Dia bersama istrinya (Lisa Kudrow) dan putrinya, Erin (Diana Silvers), harus pindah kota.

Misi Naird sendiri adalah menaruh manusia ke Bulan. Ralat, presiden Amerika (yang selama satu musim tidak dijelaskan siapa tapi dari kelakuan dan permintaannya yang aneh kita semua tahu itu adalah Trump) ingin Bulan ditinggali. Dia ingin ada astronot di Bulan. "Boots on the moon" katanya.

Space ForceSpace Force (imdb.)



Maka dengan kepala scientist Adrian Mallory (John Malkovich), kepala sosial media F. Tony (Ben Schwartz), pilot Angela Ali (Tawny Newsome) dan kru-kru lain, Naird berusaha keras untuk mengabulkan permintaan presiden. Yang tentu saja tidak semudah yang ia bayangkan.



Steve Carrell adalah seorang jenius dalam komedi. Kalau Anda pernah menonton '40-year-old Virgin', Anda pasti tahu bahwa Carrell tahu bagaimana memanfaatkan body language dan ekspresinya yang sungguh komikal untuk membuat penonton terbahak-bahak. Atau kalau Anda pernah menonton 'Bruce Almighty', Anda mungkin ingat adegan dimana karakter Jim Carrey membuat karakter Steve Carrell mempermalukan dirinya di depan televisi dalam sebuah adegan paling kocak yang pernah ada.

Tapi mungkin warisan terbesar Steve Carrell dalam dunia komedi adalah sepak terjangnya sebagai Michael Scott, bos yang sungguh menyebalkan dalam adaptasi 'The Office' yang berhasil bertahan selama sembilan musim di NBC. 'The Office' tidak hanya berakhir menjadi sebuah sitkom legendaris tapi juga menjadi contoh bagaimana sebuah workplace comedy dibuat. 'The Office' menjadi standar bagaimana membuat cringe-comedy begitu disayangi.

Space ForceSpace Force (imdb.)



Kini ia dikenal sebagai aktor serius dengan berbagai peran di film non-komedi yang serius. Itulah sebabnya kolaborasinya dengan kreator 'The Office', Greg Daniels, dalam 'Space Force' ini memberikan begitu banyak harapan. Tapi sayangnya setelah beberapa episode cukup jelas bahwa 'Space Force' bukanlah 'The Office'.

Salah satu hal yang membuat 'Space Force' kurang nendang adalah tone-nya yang membingungkan. Mau jadi apa serial komedi ini? Sebagai sebuah satir, 'Space Force' terasa setengah-setengah. Ada memang beberapa subplot yang melibatkan presiden dan istrinya yang cukup menohok tapi 'Space Force' masih terkesan menahan diri.

Bandingkan dengan 'Veep' yang sama-sama menceritakan tentang para pekerja publik. Veep tidak menahan diri dan total dalam menertawakan aksi gagal para karakter-karakternya.

Space ForceSpace Force (imdb.)



Sebagai sebuah workplace comedy, 'Space Force' juga kurang nendang. Mungkin karena konflik atau sumber kelucuan yang dipaparkan oleh 'Space Force' tidak semenarik itu. Atau bisa juga karena Space Force kebanyakan subplot yang kurang menarik.

Ada momen yang lumayan akan membuat penonton berteriak keseruan ketika Naird mencoba menyelamatkan sebuah misi dengan berkomunikasi dengan hewan via satelit. Tapi kelucuan seperti ini tidak dipertahankan sepanjang musim.

Sejujurnya sebagai sebuah produk komedi, 'Space Force' belum terjerembab ke dalam lubang nista, meskipun untuk ukuran serial komedi Netflix berbujet mahal, ia cukup mengecewakan. Steve Carrell seperti biasa bisa memerankan Naird dengan tiga dimensional.

Space ForceSpace Force Foto: Space Force (imdb.)



Setiap kegekisahan dan keputusasaannya bisa kita rasakan dengan mudah. John Malkovich tetap bisa diandalkan untuk membuat penonton terbahak-bahak, terutama kalau dia sudah misuh-misuh kesal. Ben Schwartz, Lisa Kudrow, Diana Silvers, Tawny Newsome dan Jimmy O. Yang bermain lumayan nyaman sesuai dengan karakter mereka.

Baca juga: Steve Carrell Akan Bintangi Film Looney Tunes Terbaru

Pada akhirnya sukses tidaknya 'Space Force' membuat Anda tertawa bahagia tergantung dari Anda sendiri. Jika Anda pecinta 'The Office', siap-siaplah kecewa karena 'Space Force' tidak ada apa-apanya dibandingkan geng dari 'Dunder Mifflin'. Tapi jika Anda ingin menonton komedi ringan tentang orang-orang malang yang harus melakukan misi yang impossible, 'Space Force' bisa dicoba untuk mengisi akhir pekan Anda.

Space Force dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.





Simak Video "'The Invisible Man', Menegangkan dan Penuh Kejutan"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com