detikHot

Hot Review

'Tiger King': Gebrakan Dokumenter Netflix Nomor Satu Saat Ini

Jumat, 03 Apr 2020 14:54 WIB Candra Aditya - detikHot
Tiger King (IMDB) Foto: Tiger King (IMDB)
Jakarta -

Kalau Anda bertanya kepada Netflix, apa tontonan yang paling sering ditonton oleh warganet saat ini, jawabannya adalah 'Tiger King'. Setidaknya judul itulah yang paling populer di Amerika saat ini. Demam 'Tiger King' tentu saja membuat para warganet langsung menyuarakan pendapat mereka tentang serial tersebut.

Dan jujur saja, di masa ketika kita harus berada di dalam rumah, 'Tiger King' adalah sebuah tontonan yang paling pas untuk membuat kita betah stay indoor.

Disutradarai oleh Eric Goode dan Rebecca Chaiklin, 'Tiger King' adalah sebuah serial dokumenter yang rilis di Netflix sejak 20 Maret lalu. Dengan tujuh episode dengan masing-masing durasi di bawah satu jam, 'Tiger King' cukup nyaman untuk ditonton per episode tapi juga tetap asyik jika Anda memutuskan untuk mengunyahnya dalam sekali duduk.

Tiger KingTiger King Foto: (dok. imdb.)



Semua ini disebabkan oleh cara penuturan pembuatnya yang sungguh akan membuat Anda ketagihan. Setiap akhir episodenya sengaja dibuat begitu sensasional, menimbulkan begitu banyak pertanyaan sehingga ketika satu episode berakhir, Anda akan segera ingin menyaksikan apa yang terjadi berikutnya.

Kalau Anda menganggap bahwa tujuh episode serial dokumenter akan membuat Anda bosan, Anda harus mendengar sinopsis singkat berikut ini. 'Tiger King' adalah sebuah dokumenter kriminal mengenai pecinta harimau bernama Joe Exotic. Dan Joe Exotic ini adalah sosok yang terlalu over-the-top, Anda akan setengah berharap dia adalah karakter fiksi yang ditulis oleh penulis Hollywood.

Yang paling membuatnya menjadi sangat mencolok adalah penampilannya yang sungguh menggelikan. Ini sebelum Anda mengetahui latar belakangnya dan kenapa dia begitu mencintai harimau sampai memutuskan untuk beternak harimau dan membuat kebun binatang sendiri yang spesialis menghadirkan puluhan harimau.

Kedua, dia adalah seorang homoseksual yang menikahi dua laki-laki. Di episode-episode awal kita akan melihat bahwa hidupnya terasa seperti sebuah sitkom yang sungguh brilian. Mulai dari usahanya mencalonkan diri menjadi presiden (ya, saya tidak bercanda) sampai gubernur serta obsesinya menjadi bintang reality show sampai penyanyi.

Di sudut lain adalah Carole Baskin. Seorang perempuan paruh baya yang secara visual juga tak kalah anehnya dengan Joe Exotic. Mengenakan perhiasan-perhiasan menggelikan dan baju warna-warni dengan pilihan kalimat yang lembut dan tutur kata yang lembut, Carole Baskin menginginkan orang-orang seperti Joe Exotic musnah dari dunia ini.

Tiger KingTiger King Foto: (dok. imdb.)



Beternak harimau dan memeliharanya di habitat yang bukan aslinya adalah tindakan kriminal. Dan Carole Baskin menggunakan semua caranya untuk menghentikan praktik terlarang Joe Exotic.

Keduanya pun akhirnya langsung menjadi musuh bebuyutan. Begitu dendamnya Joe Exotic terhadap Carole Baskin dia sampai menyewa pembunuh bayaran untuk memusnahkan Carole Baskin. Dan Tiger King mengurai semuanya dengan penuh kesabaran.

Ketika Anda menonton 'Tiger King', Anda pasti akan berpikir bagaimana semua yang Anda tonton di televisi (atau ponsel dan komputer) ini nyata. 'Tiger King' memulai semuanya dengan begitu over-the-top dan terkesan begitu lucu sehingga kejadian-kejadian yang terjadi berikutnya terasa seperti sebuah mimpi buruk yang diselipkan di sebuah video klip cerah ceria Katy Perry.

Narasumber bunuh diri, karyawan yang tangannya digigit harimau sampai hilangnya seorang suami secara misterius muncul tanpa diduga.

Setiap menit dari 'Tiger King' sepertinya di-desain untuk mengejutkan penonton. Alurnya pun sengaja dibuat dengan cukup santai sehingga Anda bisa menyelesaikan satu episode dengan cepat. Pembuat film ini sungguh beruntung karena tidak hanya ia memiliki karakter yang baik untuk diikuti tapi drama yang ada di dalamnya juga asyik untuk dikuras habis-habisan.

Tiger KingTiger King Foto: (dok. imdb.)



Sayangnya, hal tersebut pula yang menjadi kekurangan dari 'Tiger King'. Pembuat serial ini terlalu fokus dengan karakter-karakternya dan drama mereka yang nyentrik sehingga banyak hal krusial jadi terbengkalai. Untuk sebuah serial dokumenter kriminal yang menetengahkan isu pemeliharan satwa liar, ia sama sekali kurang mengekspos hal ini.

Nasib para harimau di serial ini jadi seperti sebuah background karena center stage-nya sudah diambil oleh Joe Exotic dan Carole Baskin.

Saking populernya 'Tiger King', polisi bahkan membuka kasus lama tentang hilangnya suami Carole Baskin. Puluhan selebriti berkomentar tentang serial ini. Bahkan Jared Leto sampai live tweet tentang serial ini di Twitternya.

Hal tersebut pada akhirnya menjadi bukti bahwa Tiger King memang mempunyai kharisma yang luar biasa untuk disantap. Jika Anda kebingungan mau menghabiskan akhir minggu dengan apa, Joe Exotic siap menanti. Jangan khawatir, begitu Anda menyantap satu episodenya, Anda dijamin tidak akan bisa stop.

'Tiger King' dapat disaksikan di Netflix

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.




Simak Video "'The Invisible Man', Menegangkan dan Penuh Kejutan"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com