detikHot

premiere

'Star Wars IX: The Rise of Skywalker' dan Rahasia yang Terungkap

Rabu, 18 Des 2019 15:33 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: Star Wars The Rise of Skywalker (imdb)
Jakarta -

"Jangan pernah takut akan siapa jati dirimu," bisik Leia Organa (Carrie Fisher) sambil memeluk Rey (Daisy Ridley). Adegan tersebut salah satu adegan yang mengharukan antara Leia dan Rey akan tetapi tentunya bukan satu-satunya.

Di awal, 'Star Wars IX: The Rise of Skywalker' memperlihatkan Rey yang menjalani latihan menjadi Jedi, dengan dilatih oleh Leia. Kisah kemudian berlanjut pada petualangan Rey (Daisy Ridley), Finn (John Boyega), Poe Dameron (Oscar Isaac) dan kawan-kawannya yang melanjutkan perjuangan sebagai prajurit dari Rebellion untuk melawan Empire.

Kali ini, mereka berusaha melakukan sebuah misi yang didorong oleh sebuah pesan yang dikirim dari tokoh di masa lalu yang telah mati. Sementara mereka berjuang melakukan misinya, Kylo Ren (Adam Driver) masih terus mencoba melancarkan niatnya agar First Order dapat berkuasa sebagai Final Order atau kekuasaan tertinggi.

Melanjutkan dari 'The Last Jedi', Kylo Ren yang haus kuasa masih mencoba membujuk Rey untuk bergabung bersamanya ke Dark Side lewat kontak batin yang mereka berdua miliki. Rey bersusah payah untuk melawannya, akan tetapi di waktu yang sama, ia juga dibayang-bayangi oleh ingatan masa lalunya.

'Star Wars IX: The Rise of Skywalker' dan Rahasia yang TerungkapFoto: Star Wars The Rise of Skywalker (imdb.)



Menonton 'The Rise of Skywalker' nyaris tidak ada bedanya dengan menunggangi rollercoaster. Emosi penonton diajak untuk naik, turun, kembali naik, kembali turun.

Film ini diwarnai oleh sejumlah adegan mengharukan yang membuat hati terasa hangat, bagi penggemar yang mengikuti saga tersebut sejak lama, bersiaplah untuk menyeka air mata dalam beberapa adegan yang mengharukan.

Akan tetapi, selain adegan yang haru, film ini juga diwarnai oleh adegan laga dan pertempuran yang intensif dan menegangkan dalam porsi yang pas.

Tidak berlebihan rasanya apabila 'The Rise of Skywalker' juga menyuguhkan banyak kejutan. Akan ada banyak rahasia yang terungkap, termasuk masa lalu dan asal muasal Rey, dan banyak tokoh terdahulu yang kembali muncul.


Kemunculan tokoh-tokoh dari masa lalu terasa tidak terduga namun juga sekaligus dikemas dengan baik sehingga tidak terasa dipaksakan. Justru kemunculan mereka menjadi bumbu dari berbagai emosi yang ingin ditampilkan dalam film.

Sebagai penutup, film ini merangkai kisah keluarga Skywalker dengan apik. Perang batin dalam diri Kylo Ren atau Ben Solo terbangun lebih rumit ketimbang dalam dua film sebelumnya, 'The Force Awakens' dan 'The Last Jedi'.

Dalam film ini, Kylo Ren ditampilkan terus menerus gelisah. Identitasnya yang terpecah sebagai pemimpin First Order sekaligus sebagai anak dari Leia dan Han Solo (Harrison Ford) ditampilkan secara emosional.

Akan tetapi, tentunya 'The Rise of Skywalker' bukanlah film yang terbilang tanpa cela. Meski menjawab beberapa pertanyaan yang muncul dalam dua film sebelumnya, sebagai penutup dari saga, film tersebut sebenarnya masih memiliki banyak ruang kosong.

Ada banyak hal yang masih bisa digali dan terasa belum tuntas dalam filmnya, terutama latar belakang dan kisah dari para tokoh baru. Film ini juga terkesan diperuntukkan hanya bagi penggemar lama.

Memang ada banyak adegan nostalgia yang membuat para penggemar lama terkejut, terharu maupun senang, akan tetapi bagi penonton baru yang hanya menonton trilogi terbaru, kemungkinan akan sulit mencerna siapa-siapa saja mereka yang muncul.

'Star Wars IX: The Rise of Skywalker' dan Rahasia yang TerungkapFoto: Star Wars The Rise of Skywalker (imdb)



Selain itu, 'The Rise of Skywalker' memang kuat dari sisi cerita dan drama, akan tetapi kisah berbau politik dan kepemimpinan yang haus kuasa dalam tubuh Empire justru tidak muncul terlalu banyak di sini. Drama dari film ini memang sepertinya menjadi unsur utama dalam film.

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya, penggemar 'Star Wars' ataupun bukan, 'The Rise of Skywalker' adalah film yang penting untuk ditonton sebab film ini disebut-sebut menjadi akhir dari saga keluarga Skywalker.

Selain itu, berbagai perasaan juga dapat ditemui ketika menonton film ini, mulai dari tertawa, tegang, menangis, hingga lega. Adegan demi adegan tampak sengaja dirajut untuk menampilkan berbagai macam emosi tersebut.

'Star Wars IX: The Rise of Skywalker' mulai ditayangkan di bioskop Tanah Air mulai hari ini, Rabu, 18 Desember 2019. Film tersebut digarap oleh sutradara J.J. Abrams dan dibintangi oleh Daisy Ridley, Adam Driver, Carrie Fisher, Mark Hamill dan lain-lain.




Simak Video "'Star Wars: The Rise of Skywalker', Kok Kayak Sinetron?"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com