detikHot

premiere

'Exit', Jumpalitan Demi Bertahan Hidup

Sabtu, 24 Agu 2019 10:53 WIB Candra Aditya - detikHot
Foto: AsianWiki Foto: AsianWiki
Jakarta - Ada yang lebih menarik daripada blockbuster Hollywood yang isinya begitu-begitu saja. Dan yang saya maksud adalah blockbuster dari Korea Selatan. Perfilman Korea Selatan yang mulai berjaya di era 2000-an semakin mengukuhkan diri sebagai produsen film-film yang berkualitas. Tidak hanya ia menghasilkan film-film arthouse yang memikat seperti 'Burning' dan 'Parasite', tapi ia juga kerap kali menghasilkan tontonan menghibur yang menyenangkan seperti 'Exit', yang sedang tayang di bioskop saat ini.

Premis 'Exit' sangat sederhana. Yong-Nam (Jo Jung-suk) adalah seorang pengangguran. Hobinya adalah memanjat tebing. Dan sepertinya Yong-Nam mempunyai luka masa lalu terkait perempuan yang juga ada hubungannya dengan olahraganya ini. Yong-Nam tinggal bersama kedua orang tuanya. Dan sampai sekarang ia masih mendapatkan uang saku dari kakaknya.

Hari itu adalah hari ulang tahun ibunya yang ke-70. Bersama keluarganya, Yong-Nam pergi ke sebuah hotel bernama Dream Garden di luar kota untuk merayakan ulang tahun ibunya ini. Dan tentu saja, bertemu dengan keluarga besar ketika Anda sedang tidak mengerjakan apa-apa terasa sangat menyebalkan. Dan di acara ini Yong-Nam sungguh-sungguh menderita. Apalagi ketika dia bertemu dengan Eui-Ju (Im Yonn-a), perempuan yang menolak cintanya.

Kemudian, tiba-tiba saat mereka mau pulang, bencana terjadi. Sebuah gas, yang membuat orang yang menghirupnya sesak napas, meledak, dan meneror satu kota. Yong-Nam bersama keluarganya terjebak di dalam gedung. Ketika kakaknya terkena gas tersebut, Yong-Nam pun menggunakan kemampuan memanjat tebingnya untuk menyelamatkan keluarganya.

Ditulis dan disutradarai oleh Lee Sang-Geun, 'Exit' adalah sebuah hiburan yang benar-benar menghibur dari awal sampai akhir film. Dan karena yang membuat film ini adalah orang Korea Selatan, maka filmnya menjadi lebih dari sekadar hiburan, karena Lee Sang-Geun sebagai sutradara masih mau memasukkan adegan-adegan yang akan membuat Anda mungkin berkaca-kaca. Meskipun ini adalah sebuah film komedi action, tapi Lee Sang-Geun tidak pernah melupakan aspek emosinya.

[Gambas:Video 20detik]


Sebagai sebuah film action, 'Exit' menawarkan berbagai macam sequence yang akan membuat Anda keseruan. Ada beberapa adegan yang akan membuat Anda semriwing. Rasanya seperti menyaksikan dokumenter 'Free Solo'. Hebatnya, Lee Sang-Geun bisa menampilkan adegan aksi yang menegangkan tersebut berbarengan dengan momen-momen kocak. Klimaks 'Exit' cukup membuat filmnya menjadi terasa besar, meskipun ada kesan mengada-ngada.

Sebagai sebuah film komedi, 'Exit' ternyata dipenuhi dengan berbagai momen yang sangat menggemaskan. Beruntung Lee Sang-Geun mempunyai barisan cast yang total karena Jo Jung-Suk sebagai karakter utama tidak hanya mempunyai kemampuan visik yang sangat bagus, tapi juga comedic timing yang tepat. Ketika dia menderita karena terlalu malu, Anda akan merasakan kelucuannya. Dan ketika keluarganya heboh menyaksikan aksi Yong-Nam, 'Exit' berubah menjadi sebuah komedi keluarga yang menyenangkan.

Tentu saja kita tidak bisa membahas film Korea Selatan tanpa bagian dramanya. Semanipulatif apa pun cara-cara yang dipakai Lee Sang-Geun untuk membuat Anda berkaca-kaca, apa yang dilakukan pembuat film ini sangat efektif. 'Exit' berhasil tidak hanya menjadi sebuah hiburan aksi komedi yang bisa diandalkan, tapi juga sebuah drama keluarga yang menyentuh. Menyaksikan seorang anak yang berjuang mati-matian menyelamatkan keluarganya dan kisah kasih antara orang tua dan anaknya, segagal apapun anaknya, ternyata menghasilkan drama yang cukupan.

Chemistry Jo Jung-suk dengan Im Yoon-ah juga ternyata cukup membantu 'Exit' untuk menciptakan romansa-romansa yang menggemaskan. Im Yoon-ah, yang merupakan alumni dari girlband Girls Generation, ternyata memberikan penampilan yang lumayan meyakinkan, meskipun perannya memang tidak luar biasa-luar biasa amat. Paling tidak, penampilannya tidak merusak film.

'Exit' memang tidak menjanjikan semua jawaban yang Anda ingin tanyakan. Gas beracun yang menjadi penyebab bencana film ini hanyalah katalis untuk menjalankan plotnya. Tapi jangan khawatir, 'Exit' tetap
memberikan hiburan yang sangat menyenangkan. Komedi, aksi, romansa, dan drama semuanya ada di film ini. Jangan lewatkan.

'Exit' dapat disaksikan di jaringan CGV, Cinemaxx dan jaringan bioskop-bioskop lainnya




Simak Video "Deretan Film dan K-Drama yang Diangkat dari Kasus Pembunuhan Hwaseong"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/mau)

Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com