DetikHot

premiere

Aroma Nostalgia dalam 'Solo: A Star Wars Story'

Selasa, 22 Mei 2018 07:50 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Aroma Nostalgia dalam Solo: A Star Wars Story Foto: (imdb)
Jakarta - 'Solo: A Star Wars Story' menjadi film sempalan kedua dari 'Star Wars' setelah sebelumnya merilis 'Rogue One: A Star Wars Story' (2016). Sebagaimana judulnya, film tersebut mengupas mengenai salah satu karakter paling popular dan ikonik di 'Star Wars', yakni Han Solo di masa mudanya.

Karakter Han Solo pertama kali muncul dalam film 'Star Wars Episode IV: A New Hope' (1977) hingga 'Star Wars Episode VII: The Force Awakens' (2015). Dalam sejumlah film 'Star Wars' tersebut, tokoh Han Solo selalu diperankan oleh Harrison Ford.

Alih-alih 'menempel' wajah Harrison Ford di masa lalu untuk peran Han Solo muda, kali ini Lucasfilm dan Disney memilih formula lain dengan mempercayakan tokoh pilot ikonik tersebut untuk diperankan oleh aktor baru. Pilihannya jatuh kepada Alden Ehrenreich.

Adegan dibuka di sebuah planet bernama Corellia dimana Han Solo yang kala itu bercita-cita sebagai pilot dan cinta pertamanya, Qi'ra (Emilia Clarke) tengah berusaha kabur. Pelarian tersebut berhasil bagi Han Solo, sayangnya Qi'ra tertangkap. Han Solo pun berjanji dalam hati untuk kembali ke Corellia dan menjemput Qi'ra setelah ia mewujudkan mimpinya menjadi pilot.

Beberapa tahun setelahnya, mimpi Han Solo tak kunjung tercapai. Ia kemudian bertemu dengan tiga perampok Tobias Beckett (Woody Harrelson), Val (Thandie Newton) dan Rio (Jon Favreau). Pertemuan Solo dan Beckett juga membawa Solo pada perjumpaannya dengan Wookie bernama Chewbacca (Joonas Suotamo).

Rupanya Beckett bekerja untuk tokoh penjahat di film ini, Dryden Vos (Paul Bettany), kepala dari sindikat kriminal bernama Crimson Dawn. Dari petualangannya bersama Beckett tersebut, Solo akhirnya dapat kembali bertemu dengan Qi'ra dan terlibat perjalanan bersama secara tak sengaja.

Masa lalu dari Han Solo, mulai dari mana ia mendapatkan nama belakang Solo, pertemuannya dengan Chewbacca yang kelak kemudian menjadi sahabat sekaligus co-pilotnya yang paling setia, hingga bagaimana ia mendapatkan kapal Millenium Falcon yang sebelumnya dimiliki oleh Lando Calrissian (Donald Glover), hingga perkenalannya dengan Rebellion menjadi kilas balik yang menyenangkan sepanjang film.

Penggalan-penggalan nostalgia tersebut mengajak penggemar lama kembali membangkitkan ingatan dan menyusun kembali penggalan-penggalan cerita dari 'Star Wars'.

Akan tetapi, berbeda dari 'Rogue One' yang akan lebih bisa diterima oleh penggemar anyar, tanpa harus mengikuti sejumlah film 'Star Wars' lainnya terlebih dahulu, penggalan cerita dari 'Solo' akan lebih sulit dicerna oleh penyuka awam.

Interpretasi Alden Ehrenreich terhadap tokoh Han Solo bisa dikatakan berhasil. Ia mampu menghidupi karakter yang ia mainkan tersebut. Akan tetapi, bagi penggemar lama, ia masih tampak terlalu berhati-hati dalam memerankan Han Solo.

Penonton lama mungkin masih akan membanding-bandingkan dirinya dengan ketengilan tokoh Han Solo saat diperankan oleh Harrison Ford. Atau mungkin film ini sengaja menampilkan sisi naif Han Solo terlebih dahulu agar penonton dapat tahu apa yang membentuk karakter tengil Han Solo di film-film lainnya. Mengingat latar waktu dari film ini adalah sebelum 'A New Hope'.

Dalam film ini, Donald Glover pun dengan sukses membangkitkan karakter Lando Calrissian, pilot sekaligus penjudi ulung, yang secara tak langsung membawa Han Solo menjadi pahlawan. Sebelumnya karakter Lando diperankan oleh Billy Dee Williams pada 'Episode V: The Empire Strikes Back' (1980) dan 'Episode VI: Return of the Jedi' (1983).

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui seperti apa jalan cerita 'Solo: A Star Wars Story' di sini:

[Gambas:Video 20detik]


Terlepas dari itu semua 'Solo: A Star Wars Story' berhasil menampilkan bahwa keseluruhan semesta 'Star Wars' bukan hanya tentang keluarga Skywalker saja.

Film tersebut disutradarai oleh Ron Howard dengan naskah yang ditulis oleh Jonathan Kasdan dan Lawrence Kasdan. 'Solo: A Star Wars Story' akan tayang di bioskop mulai 23 Mei 2018.
(srs/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed