DetikHot

premiere

'Game Night': Komedi Menegangkan yang Mengocok Perut

Senin, 19 Mar 2018 15:46 WIB  ·   Candra Aditya - detikHOT
Game Night: Komedi Menegangkan yang Mengocok Perut Foto: (imdb)
Jakarta -

Dari sutradara John Francis Daley dan Jonathan Goldsten (penulis dari film pertama Horrible Bosses), 'Game Night' adalah sebuah komedi dewasa yang dijamin akan membuat Anda terbahak-bahak. Leluconnya memang agak sedikit lebih gelap dibandingkan dengan komedi-komedi sejenis, tapi film ini akan mengocok perut Anda dari awal sampai akhir film.

Max (Jason Bateman, veteran komedi yang tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas ngebanyolnya) dan Annie (Rachel McAdams, harus lebih sering bermain film komedi receh seperti ini) adalah sepasang suami istri yang hidupnya berkisar diantara kompetisi-kompetisi. Mereka sangat kompetitif untuk hal-hal yang tidak penting.

Untungnya, Max dan Annie dikelilingi oleh teman-teman yang setia kawan. Ryan (Billy Magnussen) si playboy yang terlalu sederhana pemikirannya dan Kevin (Lamorne Morris) yang menemukan kekasihnya sejak remaja bersama Michelle (Kylie Bunbury) adalah teman-teman yang meladeni kegiatan Max dan Annie dalam bermain-main. Biasanya mereka bermain game bersama tetangga Max dan Annie bernama Gary (Jesse Plemons), seorang polisi yang menjadi semakin aneh semenjak ditinggal oleh istrinya.

'Game Night': Komedi Menegangkan yang Mengocok PerutFoto: (imdb)


Malam itu, mereka diajak oleh kakak Max, Brooks (Kyle Chandler) untuk bermain permainan yang lebih seru dari biasanya. Ryan yang mengajak Sarah (Sharon Horgan, diculik dari Inggris yang terkenal dengan serial komedinya 'Catastrophe') dan bersama geng lainnya pergi ke rumah Brooks untuk mengikuti game baru yang dibuat oleh kakak Max itu.

Brooks mengatakan bahwa salah satu dari mereka akan diculik dan mereka semua harus menyelesaikan permainan itu untuk mendapatkan mobil klasik mahal milik Brooks. Yang tidak mereka tahu, penculikan itu benar-benar terjadi dan kini mereka berpacu di tengah gelapnya malam untuk menyelesaikan permainan ini.

'Game Night' beruntung sekali mendapatkan barisan aktor-aktor yang begitu komit untuk memerankan peran yang sebenarnya receh ini. Mereka semua benar-benar bersenang-senang, terlihat sekali dari chemistry mereka yang begitu renyah dan enak untuk disaksikan. Satu sama lain mengimbangi permainan akting yang ciamik sehingga tidak ada satu pun yang terlihat lemah atau menonjol.

Dipimpin oleh Jason Bateman dan Rachel McAdams yang keduanya selalu game untuk melakukan hal-hal bodoh, 'Game Night' berhasil menjadi komedi yang apik karena ensemble cast-nya saling melengkapi satu sama lain. Mulai dari sub-plot kisah asmara antara Kevin dan Michelle sampai kisah cinta antara Ryan dan Sarah, 'Game Night' berhasil menggambarkan dinamika satu geng dengan hidup.

Skrip yang ditulis oleh Mark Perez memang memiliki premis yang agak nyeleneh. Terlalu larger-than-life dan mengada-ngada. Tapi Perez berhasil memasukkan sisi humanis (terutama tentang efek Brooks dalam kehidupan Max dan Annie) yang menjadikan 'Game Night' lebih dari sekedar petualangan liar satu malam. Meskipun begitu, perkara membuat adegan-adegan yang lucu, Perez berhasil memasukkan berbagai sekuens kocak yang akan membuat Anda tertawa puas. Tidak ada satu pun momen terbuang sia-sia dalam film ini. Begitu Perez men-set-up jokes-nya, punchline-nya ter-deliver dengan sangat efektif.

'Game Night': Komedi Menegangkan yang Mengocok PerutFoto: (imdb)


Dalam beberapa kasus, twist dalam komedi bisa menjadi sebuah blunder. Kadang twist bisa menghancurkan satu film. Namun dalam Game Night, Perez berhasil menyampaikan twistnya dengan baik sehingga Anda akan senang "dikibuli" oleh ceritanya. Rangkaian cerita yang ada membuat petualangan Max dan Annie yang gila menjadi semakin asyik untuk dikunyah.

Daley dan Goldstein sudah pernah mengerjakan proyek semacam ini sebelumnya. Mereka berdua juga yang bertanggung jawab atas remake Vacation yang rilis beberapa saat lalu. Namun Game Night adalah bukti bahwa mereka tidak hanya jago dalam menulis jokes-jokes gila (seperti yang bisa disaksikan di film pertama Horrible Bosses) tapi juga mempunyai mata yang bagus dalam melukis sebuah adegan.

Shot-shot yang ada dalam 'Game Night' sangatlah menarik dan efektif. Perhatikan pengadeganan mereka ketika adegan Max dan Annie dan kawan-kawan mencuri telur. Adegan tersebut tidak hanya dibuat dengan teknik yang asyik (seperti kedipan khusus kepada David Fincher, terutama 'Panic Room') tapi juga menambahkan unsur komedi yang sudah ada.

'Game Night' akhirnya berhasil menjadi sebuah komedi yang optimal. Film ini memiliki segalanya yang Anda butuhkan sebagai penonton untuk menikmati sebuah komedi yang benar-benar menghibur. 'Game Night' adalah alasan kenapa menonton komedi adalah sebuah pengalaman menonton yang memuaskan.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International


(doc/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed