'Pengabdi Setan', Ini Baru Horor dari Joko Anwar

Mahardian Prawira Bhisma - detikHot
Senin, 25 Sep 2017 12:43 WIB
Foto: Adegan film 'Pengabdi Setan' (Official Rapi Films)
Jakarta -

Banyak masyarakat Indonesia menyukai film bergenre horor. Terutama belakangan ini genre ini makin kian digemari penonton maupun produser. Sudah sejak dulu kala film horor buatan sineas di Tanah Air sudah melegenda. Kini sutradara kawakan Joko Anwar me-reebot film horor klasik Indonesia berjudul 'Pengabdi Setan'.

Film 'Pengabdi Setan' populer di tahun 1980-an karya sutradara Sisworo Gautama Putra dengan menampilkan aktris dan aktor legenda seperti H.I.M Damsyik, W.D Mochtar, Siska Widowati dan Ruth Palupessi. Di tahun 2017 film 'Pengabdi Setan' kembali hadir di bioskop-bioskop Tanah Air dengan menampilkan Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian dan Dimas Aditya.

'Pengabdi Setan', Ini Baru Horor dari Joko AnwarFoto: Adegan film 'Pengabdi Setan' (Official Rapi Films)



Film 'Pengabdi Setan' kali ini menceritakan seorang penyanyi wanita terkenal di era 1980-an diperankan oleh Ayu Laksmi yang mengalami jatuh sakit hingga harus terbaring dan berada di bawah perawatan keempat anaknya. Permasalahan ekonomi yang dialami oleh sang biduan dijelaskan di awal film di mana Tara Basro sebagai anak tertua mengharuskan dirinya keliling untuk mengambil royalti sang ibunda sebagai seorang penyanyi. Namun, di balik semua itu tersimpan kisah yang tidak diketahui oleh ia termasuk tiga saudaranya.

Dalam tidurnya, Tara Basro sempat memimpikan ibunda yang terbangun dari tempat tidur. Bermula dari situ sejumlah teror dialami oleh Tara Basro dan ketiga adik usai meninggalnya sang ibu. Teror itu juga membawa kematian nenek mereka secara mengenaskan yang diperankan oleh Elly Luthan.

Sang Ayah yang diperankan oleh aktor asal Malaysia, Bront Palarae, terpaksa harus berangkat pergi keluar kota demi mencari uang untuk membiayai hidup keempat anaknya. Selain mimpi Tara Basro yang melihat sosok ibunda dalam mimpinya, kepergian Bapak yang diperankan Bront Palarae pun perlahan menimbulkan teror yang tak henti yang menghantui Tara Basro dan adik-adiknya yang diperankan oleh Endy Arfian, Nazar Anis dan M. Adhiyat.

'Pengabdi Setan', Ini Baru Horor dari Joko AnwarFoto: Adegan film 'Pengabdi Setan' (Official Rapi Films)



Kematian sang ibu membawa teror yang membuat anggota keluarganya trauma berada di rumah tersebut. Joko Anwar cukup piawai dalam menyuguhkan jalan cerita yang susah ditebak serta penyajian artistiknya berlatar tahun 1980-an.

Twist-nya bisa dibilang gila untuk ukuran genre horor. Dan Joko Anwar sebagai fans sejati dari film pertamanya tahu betul bagaimana membangun atmosfer horor yang murni menyeramkan dan mencekam.

Alih-alih cuma mengandalkan adegan jumpscare, Joko Anwar jauh memberikan energi lebih. Ini adalah semua hal yang Anda butuhkan sebagai pencinta horor sejati.

'Pengabdi Setan', Ini Baru Horor dari Joko AnwarFoto: Adegan film 'Pengabdi Setan' (Official Rapi Films)



Anda mungkin yang termasuk pemberani pun akan sesekali cemas bukan kepalang menunggu apa yang terjadi di adegan selanjutnya.

Mengambil lokasi syuting di sebuah rumah tua di daerah Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Joko Anwar berhasil menampilkan kesan klasik serta menyeramkan ketika syuting di dalam rumah. Selain Tara Basro, kehadiran para aktor cilik yang berperan sebagai adik-adiknya pun terbilang total.

Film 'Pengabdi Setan' garapan sutradara Joko Anwar mengembalikan citra film horor yang sebenarnya. Jika Anda menonton ini pada malam hari, mungkin melangkahkan kaki mencari kendaraan di basement akan terasa lebih berat dan penuh rasa waswas.

(mah/kmb)