detikHot

premiere

Baywatch: Petualangan Para Penjaga Pantai Seksi

Sabtu, 22 Jul 2017 17:11 WIB Candra Aditya - detikHot
Foto: dok Paramount Pictures Foto: dok Paramount Pictures
Jakarta - Baywatch adalah salah satu warisan yang sangat tersohor. Sempat ditayangkan di salah satu televisi swasta kita, Baywatch terkenal bukan karena ceritanya yang campy tapi lebih karena para aktor berTUBUH seksi itu berjalan slow-motion ke arah kamera. Kesuksesan dua jilid 21 Jump Street tentu saja membuat Hollywood menyeringai lebar dan memutuskan untuk membawa Baywatch ke layar lebar.

Dalam versi layar lebarnya, kita bertemu dengan Mitch Buchannon (Dwayne Johnson), seorang mantan militer yang sekarang menjadi ketua untuk para penjaga pantai. Selain Mitch di sana ada Stephanie (Ilfenesh Hadera) dan C. J. (Kelly Rohrbar) yang menjadi anggota penjaga pantai. Hari itu para penjaga pantai mengadakan audisi untuk penjaga pantai yang baru. Di antara puluhan orang yang mendaftar ada Ronnie (Jon Bass) yang sudah beberapa kali gagal menjadi anggota tim, Summer (Alexandra Daddario) yang fokus terhadap pekerjaannya dan Matt Brody (Zac Efron) yang tentu saja menjadi konflik terbesar.

Matt Brody adalah apapun yang dibenci oleh Mitch Buchannon dalam seorang manusia. Sebagai pemegang dua medali emas Olimpiade, Matt Brody adalah sosok yang sombong, sengak dan membangkang. Brody tidak percaya pada kebersamaan tim dan lebih tertarik untuk melakukan apa-apa sendiri. Alasan kenapa dia ingin menjadi penjaga pantai adalah karena dia percaya bahwa menjadi penjaga pantai membuatnya terlihat lebih cool dan terkesan heroik saat beraksi menyelamatkan orang.

Baywatch: Petualangan Para Penjaga Pantai Seksi Foto: dok Paramount Pictures


Dilema Mitch Buchannon tidak terbatas pada kehadiran Matt Brody. Ada narkoba berkeliaran bebas di pantai. Matt Brody berusaha keras meyakinkan Mitch Buchannon bahwa narkoba tersebut bukan urusan dia. Namun lama kelamaan, dia makin menyadari bahwa tugas penjaga pantai tidak terbatas pada menyelamatkan pengunjung yang tenggelam namun juga menangkap siapapun yang berusaha merusak kedamaian pantai tersebut.

Dengan rating dewasa, Baywatch ternyata menggunakan rating tersebut bukan untuk menonjolkan unsur sensual. Meskipun penonton akan disuguhi berbagai macam adegan slow-motion yang penuh dengan dada berguncang dan six-pack yang berkilauan terkena sinar matahari, Baywatch menggunakan rating dewasa tersebut untuk mengeksploitasi humor-humor dewasa dan kata makian kasar yang muncul di setiap adegan. Seperti halnya dua adaptasi 21 Jump Street, Baywatch terobsesi untuk menunjukkan jokes-jokes rusuh yang melibatkan banyak genitalia laki-laki.

Ketika Baywatch fokus terhadap jokes-jokes kasar dan hubungan antara Mitch dan Matt, film ini cukup enak untuk dinikmati. Melihat Dwayne Johnson yang begitu komit untuk mengata-ngatai Zac Efron dengan segala macam panggilan adalah hiburan tersendiri. Akan tetapi penulis skripnya— Damian Shannon dan Mark Swift—tidak bisa meyakinkan penonton untuk membuat bagian kriminalnya nampak meyakinkan. Hal inilah yang akhirnya membuat Baywatch menjadi timpang.

Baywatch sesungguhnya memiliki kemiripan dengan berbagai macam komedi rating dewasa yang belakangan ini kembali menjadi hit. Tidak mengherankan jika pembuat filmnya mempekerjakan Seth Gordon untuk menyutradarai filmnya. Horrible Bosses membuktikan bahwa Gordon sanggup membuat premis yang menggelikan menjadi sebuah tontonan komedi yang berkualitas. Perbedaannya adalah tokoh penjahat dalam Horrible Bosses benar-benar realistis dan angker yang akhirnya membuat penonton terlibat secara emosi terhadap petualangan tokoh protagonisnya.

Sementara itu, antagonis yang diperankan oleh Priyanka Chopra dalam Baywatch jatuh ke dalam rangka karikatur. Penonton kurang bisa merasakan unsur bahaya karena kita semua tahu si perempuan cantik tersebut bukanlah lawan yang pas bagi seorang The Rock. Meskipun begitu, Gordon masih bisa meramu beberapa adegan menjadi benar-benar lucu. Baywatch mungkin tidak seperti tontonan yang Anda lihat dulu di era 90-an. Anda mungkin menonton ini demi nostalgia bersama para penjaga pantai yang sepertinya tidak mempunyai lemak di tubuh mereka, tapi Anda akan bertahan untuk melihat chemistry Dwayne Johnson dan Zac Efron yang menyenangkan untuk disimak.

Candra Aditya
Writter/Filmmaker
(kmb/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com