ADVERTISEMENT

'47 Meters Down': Ketika Anda Terperangkap Bersama Hiu Ganas

Candra Aditya - detikHot
Rabu, 21 Jun 2017 06:40 WIB
Foto: 47 Meters Down (imdb.)
Jakarta -

Patah hati bisa menyebabkan orang melakukan apa saja. Ada yang berakhir dengan tangisan dan rekaman video yang akhirnya berubah jadi viral. Ada yang memilih untuk menulis lagu dan akhirnya memenangkan piala-piala Grammy. Ada juga seperti Lisa (Mandy Moore) yang memutuskan untuk tetap liburan di Mexico bersama saudarinya Kate (Claire Holt) meskipun sang mantan pacar mencampakkannya karena dia terlalu membosankan.

Sebegitu fenomenal alasan si mantan memutuskannya, Lisa dan Kate mau menemani dua orang asing yang baru mereka kenal untuk diving di pantai eksotis. Lisa tadinya ragu tapi Kate dengan ajaib mengucapkan alasan kenapa dia sekarang single. Lisa pun setuju dan mereka pergi untuk diving. Bahkan mereka pun terpaksa berbohong kepada si kapten meskipun cuma si Kate yang benar-benar bisa diving.

Semuanya berjalan dengan lancar. Mereka menikmati petualangan menyenangkan ini. Sampai akhirnya terjadi kecelakaan yang menyebabkan Lisa dan Kate berada di kedalaman 47 meter yang membuat mereka terputus kontak dengan siapapun yang ada di permukaan air. Kini mereka berada di dalam kandang lengkap dengan hiu-hiu. Perjuangan untuk hidup pun dimulai.

47 Meters Down tadinya akan dirilis langsung dalam bentuk home video. Kemudian Mandy Moore mendadak menjadi relevan lagi setelah serial This Is Us melejit. Hal ini mungkin yang menjadi faktor kenapa ada distributor yang akhirnya memutuskan untuk merilis film ini ke bioskop. Fakta bahwa The Shallows tahun lalu juga ternyata mendapatkan respon yang baik juga menjadi hal yang tidak bisa dihiraukan.

Secara premis, apapun yang berhubungan dengan dua cewek seksi berjuang hidup melawan hiu adalah hal yang sudah sangat menarik. Tidak ada yang bisa membuat penonton jumpalitan selain melihat dua makhluk Tuhan yang rupawan mempertahankan diri melawan hiu ganas. Sayangnya, skrip yang dibuat oleh Johannes Roberts dan Ernest Riera minim dengan inovasi yang mutakhir. Hampir apapun yang pernah Anda lihat dalam film manusia vs. monster ada dalam 47 Meters Down ini.

Yang menyebalkan juga adalah bagaimana penulis skripnya tidak meniupkan karakter yang cukupan agar penonton bisa relate dengan tokoh-tokohnya. Roberts dan Riera malah sibuk membuat twist mengejutkan di akhir film yang bukannya menjadi sebuah kejutan yang mencengangkan malah menghancurkan babak ketiga filmnya.

Sutradara Johannes Roberts pun juga nampak kurang bersemangat. Walaupun memang ada beberapa adegan yang tetap thrilling namun penyutradaraannya kurang maksimal. 47 Meters Down akan menjadi sebuah film survival yang asyik kalau saja sutradaranya mampu menjaga ketegangan filmnya. Sayangnya, Roberts terlalu asyik untuk menyajikan gambar yang memang ciamik. Roberts bahkan tidak tersentuh untuk membuat dialog-dialog di dalam filmnya terasa natural.

'47 Meters Down': Ketika Anda Terperangkap Bersama Hiu GanasFoto: 47 Meters Down (imdb.)



Untungnya, Roberts memiliki Holt dan Moore yang mempunyai kharisma yang kuat. Keduanya tidak hanya mempunyai chemistry yang cukup bagus—mengingat karakterisasi mereka yang sangat tipis—tapi juga berhasil membuat penonton peduli dengan mereka. Terutama Mandy Moore yang mampu menjaga film ini di pundaknya. Moore tidak hanya berhasil membuat Lisa menjadi sosok yang menyenangkan tapi juga karakter yang layak untuk terus didukung keselamatannya.

47 Meters Down memang masih belum bisa disetarakan dengan The Shallows—apalagi dengan masterpiece macam Jaws—tapi jika Anda membutuhkan tontonan yang santai dan seru, film ini bisa dicoba. Walaupun filmnya terasa generik, 47 Meters Down ternyata masih mempunyai amunisi ketegangan yang legit untuk dicoba.

(doc/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT