detikHot

premiere

'Angry Birds Movie': Burung Pemarah yang Tak Bisa Terbang

Senin, 16 Mei 2016 15:12 WIB Candra Aditya - detikHot
Jakarta - Anda setidaknya pasti pernah sekali bermain game impor dari Finlandia ini. Beberapa tahun terakhir, sebelum demam Candy Crush, Angry Birds sempat menjadi game yang paling fenomenal. Hampir semua orang yang memiliki smartphone atau tab pasti pernah bermain game menggelikan tersebut. Premisnya begitu sederhana: burung-burung itu harus memberantas babi yang tersedia.

Rovio yang mendapatkan banyak dollar atas ciptaannya ini akhirnya memutuskan untuk berjudi: memanggil Sony Pictures Animation untuk berlaga di deretan film musim panas tahun ini. Disutradarai oleh Fergal Reilly dan Clay Katis yang baru pertama kali menyutradarai animasi, 'Angry Birds Movie, siap untuk menghibur kita semua.

Di sebuah pulau yang berisi para burung yang tidak bisa terbang, kita bertemu dengan pahlawan kita bernama Red (disuarakan oleh Jason Sudeikis) yang mempunyai temperamen yang tidak bagus. Sumbunya begitu pendek. Sikapnya ini membuat dia menjadi antisosial dan disisihkan oleh masyarakat. Red akhirnya diutus untuk mengikuti anger management class yang diajar oleh Matilda (disuarakan oleh veteran Satuday Night Live, Maya Rudolph).

Di sana tentu saja dia bertemu dengan kawan-kawan yang bernasib sama. Ada Chuck (disuarakan oleh Josh Gad), Bomb (disuarakan oleh Danny McBride) dan Terrence (disuarakan oleh Sean Penn). Kemudian datanglah kapal yang diketuai oleh babi hijau bernama Leonard (disuarakan oleh Bill Hader) yang muncul di tengah-tengah mereka. Hanya Red yang curiga tentang misi misterius Leonard. Dan tentu saja kecurigaan Red benar. Kini nasib mereka ada di tangan si burung pemarah itu.

Ditulis oleh Jon Vitti yang juga mengerjakan 'Alvin and the Chipmunks', Angry Birds Movie akan menyenangkan hampir semua anak-anak dengan jokes-jokes-nya yang amburadul. Angry Birds Movie dipenuhi dengan bercandaan slapstick dan warna-warni yang cerah yang akan membuat anak-anak diam di tempat. Angry Birds Movie tidak bisa dibandingkan dengan animasi-animasi level Pixar atau Dreamworks karena film ini tidak punya tujuan lain selain merebut hati anak-anak. Para penonton dewasa mungkin akan sedikit kesal dengan betapa tololnya film ini, tapi para anak-anak akan menikmati film ini dengan sungguh-sungguh.

Dengan editing yang cepat dan storytelling yang sederhana, 'Angry Birds Movie' masih menawarkan pesan moral yang terpuji seperti layaknya film animasi semua umur. Bagi para penonton dewasa, ajaklah sanak saudara Anda yang masih kecil untuk menonton film ini agar Anda bisa menikmati dimana lucunya melihat burung-burung yang tidak bisa terbang melawan para babi. Film ini juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang penat dengan kesibukan kerja dan butuh sesuatu yang tidak perlu menggunakan kinerja otak secara maksimal.

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta.


(mmu/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com