detikHot

Review Film

Kereta Hantu Manggarai: Jangan Naik Kereta Malam-malam!

Kamis, 24 Apr 2008 11:00 WIB - detikHot
Jakarta - Rossa (Sheila Marcia) selalu berkonflik dengan adiknya, Emily (Stefanie Hariadi). Suatu malam mereka bertengkar hebat yang berakhir dengan erginya Emily dari rumah untuk menginap di rumah kerabat mereka di Bogor. Namun Emily tak pernah sampai.

Rossa pun mendatangi Bobby (Melvin Liem), mahasiswa yang memiliki situs mengenai kejadian-kejadian gaib. Menurut Bobby, Emily dibawa kereta hantu.

Petualangan Rossa dan Bobby pun dimulai. Dengan bantuan paranormal, mereka menelusuri keberadaan Emily. Rossa yang tidak percaya mengenai hal gaib terpaksa mengikuti pola pikir Bobby yang memang terobsesi cerita kereta hantu itu. Mampukah mereka menyelamatkan Emily?

Di tengah maraknya film bergenre religi, Rapi Film kembali menelurkan film bergenre horor. Kini Nayato Fio Nuala yang menjadi sutradaranya.

Hampir sama dengan film horor sebelumnya, 'Kereta Hantu Manggarai' diilhami dari kejadian nyata serta cerita-cerita rakyat yang beredar. Hal ni dimaksudkan agar penonton merasa lebih dekat dengan kejadian di film tersebut.

Akting para pemain cukup total. walaupun aktor dan aktris pendukung masih terbilang baru, namun permainan mereka cukup maksimal.

Namun sayang ada beberapa kejadian janggal yang tergambar di film, yang sangat berbeda dengan kenyataan yang ada. Misalnya para perempuan yang naik kereta malam hari memakai pakaian rok mini dan kaus. Kenyataannya, perempuan-perempuan yang naik kereta ekonomi, terlebih lagi malam hari, biasanya akan memakai baju yang tertutup.

Film 'Kereta Hantu Manggarai' ini juga terkesan 'menjual' badan-badan pemerannya yang seksi. Banyak sekali adegan yang menggambarkan para pemain sedang memakai baju yang minim dan terbuka.

Selain itu, yang disayangkan, karakter Rossa (Sheila Marcia) yang berpikiran logis serta tidak percaya mengenai hal gaib, dukun dan sebagainya, terkesan 'dipaksa' untuk percaya mengenai hal tersebut. Ditakutkan hal itu akan membentuk pola pikir para penonton nanti.



(kee/yla)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com