'Confession No.1': Afgan Curi-curi Perhatian

- detikHot
Jumat, 15 Feb 2008 17:33 WIB
Jakarta - Lagi dunia musik Indonesia kedatangan penyanyi solo baru. Afgan curi-curi perhatian di tengah maraknya pendatang baru lewat album 'Confession No.1'.

Judul itu dirasa pas untuk pria bernama lengkap Afgan Syah Reza memperkenalkan musiknya. Sepertinya banyak musisi kenamaan yang ingin menaikan nama Afgan. Terbukti dari 13 lagu dalam album ini hanya satu lagu ciptaannya.

Beberapa musisi itu adalah Harry Budiman, Deddy Dhukun, Dian PP, Ibank 'Element', Bebi 'Romeo' dan banyak lagi. Kemampuan Afagn berolah vokal memang tak perlu dipertanyakan lagi. Namun banyak yang menyebut karakter vokalnya hampir mirip Marcel.

Kemunculan Afgan dibuka dengan lagu andalan bertajuk 'Terima Kasih Cinta' yang dibalut dengan gitar akustik yang mellow. Sebagaian besar lagu di album ini memang tak terlalu beat up. Sebut saja 'Entah', 'Shanty Lussy', 'Sadis' juga 'I.L.U'.

Terdengar sedikit monoton namun Afgan membalutnya dengan aransemen yang catchy. Dengan sedikit unsur groove, bossas juga jazz masing-masing lagu Afgan punya kekuatan yang berbeda. Tak ketinggalan ia juga memasukkan programming hampir di semua lagu, begitu juga string session yang kentara di beberapa track.

'Klise', salah satu lagu kesukaan pria yang baru berusia 18 tahun itu juga sangat catchy. Alunan programming yang dibalut brass session terdengar unik dengan middle beat yang pas. Nge-groove R n' B cocok untuk sedikit bergoyang.

Jangan kaget jika Anda menemukan lagu 'Biru' yang pernah dipopulerkan oleh Vina Panduwinata. Kali ini Afgan membawakan dengan beat yang lebih low, mendekati mellow malah namun dengan perpaduan jazz dan bossas yang seru.

'My Confession' yang jadi bonus track jadi satu lagu yang dirasa bisa jadi andalan. Liriknya yang dibalut 100% dengan bahasa Inggris dan iringan piano sepanjang lagu terdengar dinamis. Sebagai pendatang baru, Afgan sepertinya sudah berhasil mencuri-curi perhatian.

Daftar track album 'Confession No.1' Afgan:
1. Tanpa Batas Waktu
2. Terima Kasih Cinta
3. Klise
4. Entah
5. Yang Kutau Cinta Itu Indah ft. Nagita Slavina
6. Hanya Ada Satu
7. Betapa Aku Cinta Padamu
8. Sadis
9. Shanty Lussy
10. I.L.U
11. Hilang Rasa
12. Biru
13. My Confession (Bonus track)  NB. Untuk Iring langsung klik aja di sini (yla/yla)