'Crack-Up' Fleet Foxes: Memasuki Dimensi Rumit ala Robin Pecknold

Yarra Aristi - detikHot
Senin, 24 Jul 2017 15:50 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -

Band folk asal Seattle, Amerika Serikat ini selalu membuat telinga kita tenang dan meneduhkan. Pertama kali setelah 6 tahun, akhirnya Robin Pecknold dan kawan-kawan merilis album ketiga Fleet Foxes; Crack-Up. Padahal, dugaan bahwa mereka tak akan kembali sungguh kuat.

Hengkangnya drummer Josh Tillman tidak membuat konsep keseluruhan band folk rock ini timpang. Nuansa alam rural, pegunungan sejuk, tetap terasa kuat di tiap aransemennya. Lebih eksploratif bahkan.

Tentu saja Pecknold masih mengedepankan harmonisasi vokal yang khas, hadirnya departemen strings dan lapisan tebal dari departemen gitar, plus reverb di sana sini yang berjalan bersama membentuk ambient yang familiar dan meneduhkan.

Tidak terlalu 'kuno' seperti album perdana mereka, tidak terlalu sepi dan nelangsa seperti Helplessness Blues, Crack-Up memiliki pendekatan yang lebih fresh dan dreamy. Anda bisa simak pada bagian awal "Cassius,-" yang menghadirkan bunyi di latar yang lebih modern dan spacey yang digabungkan dengan suara percikan air.

Sebuah komposisi yang unik, karena elemen elektronik di sini tidak meruntuhkan nuansa organik yang sudah ada. Kejutan yang juga muncul kembali adalah pada track "Mearcstapa" yang sejak awal sudah memiliki struktur tidak biasa.

Lalu seiring berjalannya lagu, string section perlahan membangun suasana membahana yang cukup rumit hingga hampir klimaks, lalu perlahan memudar hingga lagu tersebut selesai secara perlahan.

Saya harus akui, dalam Crack-Up kali ini, Pecknold menuangkan ide-ide brilian yang terdengar rumit. Mulai dari penulisan lirik yang penuh perumpamaan dalam "I Should See Memphis", hingga komposisi pada "Third of May/Ōdaigahara".

Di beberapa track bahkan ia menghadirkan dua atau tiga part yang berbeda. Namun jika Anda merindukan signature sound Fleet Foxes yang sederhana, maka "Fool's Errand", "Naiads", "Cassadies", dan "Crack-Up" adalah track yang patut Anda simak.



(ken/ken)