DetikHot

new-release

'Kereta Kencan': Warna Baru HIVI!

Kamis, 30 Mar 2017 13:20 WIB  ·   Rendy Tsu - detikHOT
Kereta Kencan: Warna Baru HIVI! Foto: hivi
Jakarta - Ketika Dalila Azkadiputri (vokal) meninggalkan grup musik ini pada Maret 2016, saya mengira bahwa HIVI! akan memasuki fase-fase terburuk mereka. Pasalnya Dea, begitu ia sering dipanggil, selama ini telah menjadi pemikat manis tak tergantikan pada lagu-lagu HIVI! lewat range suaranya yang khas sejak 2009.

Namun, ketika mendengar album kedua HIVI! 'Kereta Kencan', saya takjub dengan kepolosan suara Nadhia Aleida, sang vokalis baru yang diperkenalkan pertama kali lewat single akustik penyejuk hati berjudul 'Pelangi'. Neida tidak berusaha menambal ruang kosong yang ditinggalkan Dea, tapi ia membuat ruang baru. Ia memberikan warna bagi HIVI! yang baru.

Selain adanya pergantian vokal, selang 5 tahun sejak debut album 'Say Hi to HIVI!' (2012) ternyata cukup mengubah tema musik grup ini; dari pop remaja ceria yang masih malu-malu ("Oh oh mengapa ku kau buat membisu/ saat ku memandangmu", dikutip dari lagu 'Curi- Curi') tumbuh jadi dewasa muda dengan segala problematika yang muncul ("meski bibir ini tak berkata/ bukan berarti ku tak merasa/ ada yang berbeda di antara kita", dikutip dari lagu 'Siapkah Kau 'Tuk Jatuh Cinta Lagi').

Dikomandoi oleh 3 produser Indonesia paling hot saat ini —Lale, Ilman dan Nino— serta di-mastering oleh Yakitu Geoff Perche dari Abbey Road Studios, album kedua mereka terdengar lebih matang dari segi materi. Selain mencakupi 4 single yang dirilis terlebih dahulu —'Mata Ke Hati', 'Siapkah Kau 'Tuk Jatuh Cinta Lagi', 'Sama-Sama Tahu' serta 'Pelangi'— terdapat 5 lagu baru di album ini.

Ada pemberi semangat dalam 'Merakit Perahu', dengan string meriah dan optimis yang cocok masuk list lagu drama musikal bertema sirkus. Anda kemudian dibawa masuk pada bagian jatuh hati pada seorang 'Gadis Sampul' dengan irama yang mengasyikkan. Seperti judulnya, cerita lain sungguh 'Apa Adanya' dan jujur ("oh kawan tolonglah sampaikan kepadanya/ apa yang kurasakan dan kuinginkan") tanpa berlebihan.

Salah satu bagian terbaik ada pada lagu 'Remaja' yang begitu dreamy, bagai dua insan yang sempat memadu kasih mendamba kisah kasih mereka di masa lalu. Lagu 'Kereta Kencan' yang mungkin awalnya terdengar biasa-biasa saja, akan terasa berbeda hingga Anda mendengarnya di bagian chorus pertama dan seterusnya. Saya juga salut atas keputusan HIVI! dengan memboyong Andi Rianto untuk merekam ulang 'Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi' dengan vokal dan aransemen yang baru. Hanya saja, saya tetap menyukai versi aslinya.

Rendy Tsu (@rendytsu) saat ini bekerja sebagai Social Media & Content Strategist. Selain aktif sebagai penulis lepas, ia juga pernah menjadi Music Publicist di salah satu perusahaan rekaman terbesar di Indonesia.


(mmu/mmu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed