DetikHot

new-release

'Things I've Never Said' Frances: Balada yang Mematahkan Hati

Rabu, 29 Mar 2017 11:30 WIB  ·   Rendy Tsu - detikHOT
Things Ive Never Said Frances: Balada yang Mematahkan Hati Foto: Capitol Records
Jakarta - Pada usia 23, Frances sudah memiliki kekayaan musikal lebih dari cukup. Dari usia 10 tahun, Frances sudah mahir bermain biola dan piano. Ia menulis lagunya sendiri yang pertama di usia 15 tahun. Pada 2015, ia melakukan tur bersama Sam Smith bahkan James Bay dan memulai 2016 dengan menjadi nominiasi di BRIT's Critic's Choice Awards dan BBC Sound Poll.

Frances tidak berhenti sampai di situ. pada 2017 ia menggabungkan semua cerita dan pengalamannya bertahun-tahun dalam sebuah album debut bertajuk 'Things I've Never Said'.

Lewat album ini, Frances menyajikan balada soulful dengan liriknya yang jujur, mencairkan lalu mematahkan hati. Vokalnya menjadi komponen utama. Meski masih muda, suaranya membawa kedalaman dan kompleksitas seperti penyanyi dengan jam terbang tinggi —dari Carole King, Thom Yorke hingga Chris Martin; para panutan Frances sejak dulu.

Bagi Frances, album 'Things I've Never Said' merupakan kumpulan pribadi dan emosi kolektif yang diambil sejak 2 tahun terakhir. Ia berkolaborasi dengan Greg Kurstin (Adele), Jimmy Napes (Sam Smith, Alicia Keys) dan Howard Lawrence (Disclosure) sambil kembali menyisipkan single-single terbaik miliknya; 'Let It Out' yang membuka hati dan 'Grow' dengan keindahan yang terungkap dari dua orang yang sedang jatuh cinta dan 'Say It Again', radio pop yang ia ciptakan bersama Kurstin; Frances ingin mengungkap semua kejujuran ("Say it again/ I wanna know that you mean it/ this time") dengan polosnya.

Selain ketiga single itu, album ini masih menyimpan banyak rahasia yang belum disampaikan oleh Frances sebelumnya. 'Don't You Worry About Me' menjadi begitu popular di Spotify sejak pertama kali diperkenalkan dalam album ini. Optimisme yang ia tonjolkan dalam 'Drifting' ("One by one married/ But I am putting out for sale") juga memberikan kepercayaan diri kepada para wanita yang belum menikah.

Awalnya saya sempat ragu ketika mendengarkan 'Under Out Feet' yang sekilas terdengar seperti lagu yang dinyanyikan Ellie Gouding jika menikah dengan Tom Odell; hingga chorus keduanya mengubah pandangan saya.

Ya, mungkin Frances masih belum bisa menggantikan Adele, atau bahkan Ellie Goulding, ketika berbicara tentang penyanyi solo asal Inggris paling dinanti saat ini. Tapi, semua tanda menunjukkan bahwa Frances memiliki potensi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Frances menyimpan banyak hal yang belum ia sampaikan pada dunia. Tahun 2017 adalah tahunnya. Ia masih punya banyak waktu untuk itu.

Rendy Tsu (@rendytsu) saat ini bekerja sebagai Social Media & Content Strategist. Selain aktif sebagai penulis lepas, ia juga pernah menjadi Music Publicist di salah satu perusahaan rekaman terbesar di Indonesia.


(mmu/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed