DetikHot

new-release

'SweetSexySavage': Langkah Perlahan Kehlani

Jumat, 17 Feb 2017 15:08 WIB  ·   Yarra Aristi - detikHOT
SweetSexySavage: Langkah Perlahan Kehlani Foto: atlantic records
Jakarta - Selama ini kita sudah menikmati suguhan warna-warni dan gemerlap dari para ratu pop dunia macam Beyonce, Taylor Swift, Katy Perry, Ariana Grande, serta Lady Gaga. Pun kita sudah terbuai dengan suara-suara baru dari penyanyi yang lebih muda, seperti Alessia Cara, Zara Larsson, Daya, Halsey, dan seangkatan mereka. Saatnya menikmati suguhan baru dari ranah R&B, seorang perempuan dengan suara renyah dengan sentuhan sensual menggoda, Kehlani.

Awalnya tergabung dalam Poplyfe —grup yang menjadi finalis pada America's Got Talent— karakter suaranya yang bold dan penuh keunikan sudah menonjol. Seperti mendengarkan suara Michael Jackson ketika kecil, namun juga ada Brandy dan Tinashe di dalamnya. Ia memiliki apa yang harus dimiliki dari seorang bintang.

Dua album sudah dirilisnya, dengan album mixtape kedua yang bertajuk 'You Should Be Here' berhasil masuk chart R&B/ Hip-Hop Amerika pada 2015, yang memberikan dampak baik untuk tur promonya. Ditambah, single "Gangsta" masuk ke jajaran original soundtrack 'Suicide Squad'. Langkahnya perlahan tapi pasti.

Pada akhir Januari 2017, lewat 'SweetSexySavage' ia memperkenalkan diri lagi dengan image dan musik yang kian eksotis. Album ini bermaksud memberikan arti lebih kepada definisi seorang perempuan. Pesan yang ingin disampaikan adalah, menjadi perempuan manis bukan berarti bisa ditindas. Sementara menjadi perempuan yang seksi bukan selalu berarti buruk.

Ia memberikan contoh sebagai perempuan yang kuat, sebagai perempuan yang punya sikap. "CRZY" yang diangkat sebagai single pertama adalah track yang lebih upbeat dan bernuansa ceria dibanding lainnya. Single ini bercerita mengenai narasi hidupnya, bagaimana ia jatuh dan bangun menghadapi segala yang sudah ia alami.

Penggalan lirik berikut menggambarkan segalanya, "Live for the challenge, only make me stronger/ One more reason to turn up on 'em...."

Sebagian besar lirik lagu-lagunya berbicara mengenai hubungan percintaan dalam berbagai cerita. "Keep On" mengenai ungkapan terima kasih kepada seorang pasangan yang selalu ada di sisinya, walau ia tidak melakukan hal yang sama.

"Distraction" bercerita mengenai hubungan selintas yang tidak ingin dibawa ke level lebih lanjut. "Undercover" yang memiliki sedikit sentuhan Latin di latar belakang musiknya, bercerita mengenai bagaimana ia tidak peduli dengan apa kata orang ketika ia sedang menjalin hubungan dengan seseorang.

"Piece of Mind" adalah tuturan cerita mengenai bagaimana ia menghadapi kisah cinta lamanya dan menjadi semakin kuat karenanya. Sementara "Everything Is Yours" bercerita mengenai cinta pertamanya.

Tata musik R&B/hip-hopyang terkadang menyisipkan juga elemen trip-hop di dalamnya mengiringi nyanyian Kehlani yang memang memiliki karakter vokal yang kuat. Karakter suaranya memberikan alternatif yang menarik untuk ranah pop R&B.

Ya, gadis berambut merah dan berkulit pucat di panggung America's Got Talent sekarang sudah menjelma menjadi gadis dewasa yang menjelma menjadi sosok yang kian mantap. Ia kini sudah memiliki panggungnya sendiri.

Yarra Aristi pernah bekerja sebagai wartawan musik di dua majalah musik terkenal. Kini penyiar dan music director di sebuah stasiun radio swasta terkenal di Jakarta.


(mmu/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed