Roy Suryo Hadirkan Penyanyi Lagu 'Geby'

- detikHot
Kamis, 17 Jul 2008 19:50 WIB
Jakarta - Setelah bersikeras menyatakan penyanyi lagu 'Geby' adalah Abe, kini Roy Suryo menghadirkannya. Roy memaparkan identiknya suara Abe dengan rekaman yang beredar di internet.

"Saya menganalisa siapa penyanyi asli menggunakan teknologi yang disebut audio spectrum analizer," ujar Roy ditemui di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2008).

Roy menghadirkan Abe yang punya nama asli Andi BC itu dari Makkasar. Abe memang sahabat Rifai Ilyas alias Pay, gitaris band Caramel sekaligus pencipta lagu 'Jauh' yang kemudian malah jadi fenomenal gara-gara gosip behind the scene lagu tersebut.

Menurut Roy lagu 'Jauh' yang asli hanya berdurasi 1,55 detik. Sementara lagu yang beredar di internet berdurasi 4,44 detik. Lagu tersebut dinyanyikan Abe di acara seni kampusnya, STMIK Dipanegara Makkasar pada 11 Juli 2005.

"Itu ada rekaman videonya yang saya dapat dari teman-teman sanggar seni Dipanegara. Setelah saya cocokan suara di video dan internet ternyata memang cocok itu suara Abe," papar Roy.

Dengan adanya pembuktian ini Pay juga Caramel yang asal Makkasar berharap tidak akan ada lagi orang yang mengakui karyanya. Hingga kini siapa pemilik lagu tersebut masih jadi perdebatan.
(yla/yla)