Berangkat dari Mengidolakan Sheila On 7, Lahirlah PITU

ADVERTISEMENT

Berangkat dari Mengidolakan Sheila On 7, Lahirlah PITU

Zelda - detikHot
Minggu, 22 Jan 2023 11:06 WIB
Promo Itu Aku Sheila On 7
detikcom mencari 5 penampil di konser Sheila on 7 Tunggu Aku di Jakarta. Dok. detikcom
Jakarta -

PITU Band tak ingin melewatkan kesempatan emas buat tampil di konser Sheila On 7, Tunggu Aku di Jakarta. Makanya, grup musik yang digawangi oleh Donny Dwijo ini semangat banget ikutan ajang #ItuAku yang digelar detikcom berkolaborasi bersama Sheila On 7 dan Antara Suara.

Gimana enggak antusias, PITU Band sendiri lahir dari kecintaan para personelnya ke Sheila On 7. Cerita bermula dari acara Tribute to Sheila On 7 yang digelar di sebuah kafe di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Februari 2017. Acara ini didukung oleh Sheila Gank Jabodetabek.

Saat itu, Donny dan lainnya hadir ke gelaran tersebut dengan band masing-masing. Berangkat dari situ, mereka jamming bareng di sebuah studio musik dan kerap nongkrong bareng. Siapa sangka, mereka justru cocok satu dengan lainnya hingga akhirnya memutuskan membentuk band.

"Ditambah disatukan dengan kiblat idola yang sama yaitu Sheila On 7, akhirnya kami memutuskan untuk membentuk PITU," kata Donny, Jumat (20/1/2023).

Pada awal terbentuk, PITU menamakan diri sebagai Sheila on Pitu, plesetan dari Sheila On 7. Tak sekadar plesetan, "pitu" dalam bahasa Jawa berarti "tujuh". Menurut Donny, angka tujuh cukup bersejarah karena PITU pertama kali manggung sebagai band di sebuah acara karang taruna yang digelar di RT 7, RW 7, bilangan Kemayoran.

Dalam perjalanannya, Pitu mengalami bongkar pasang personel. Formasi saat ini yakni Abdul Matin (vokalis), Donny Dwijo (gitaris), Sena Dwijo (basis), Faisal Albeki (drummer), dan Abu Devy (keyboardist).

Dalam berbagai kesempatan, PITU kerap membawakan lagu-lagu Sheila On 7. Menurut Donny, banyak orang yang bilang bahwa suara Matin, vokalis PITU, mirip dengan Duta. Bahkan, permainan gitar Donny sendiri tak jarang disebut seperti Eross.

"Akhirnya kami memberanikan diri untuk menerima tawaran manggung dari coffee shop ke coffee shop sampai ke event pensi yang kebetulan membuat tema Tribute to Sheila On 7," ujar Donny.

Hampir 6 tahun bersama, banyak cerita menarik dari perjalanan PITU. Tahun 2018 dan 2019, PITU berkesempatan manggung di acara anniversary Sheila Gank Jabodetabek. Saat itu, penampilan PITU bahkan disaksikan langsung oleh Duta dan kawan-kawan.

"Alhamdulilah kami dapat momen di saat kami perform ditonton langsung oleh idola kami yaitu Sheila On 7," kata Donny.

Menonton sekaligus tampil di konser band idola selama ini hanya mimpi buat Pitu. Makanya, lewat ajang #ItuAku, PITU sangat berharap bisa jadi salah satu performer di konser Sheila On 7 "Tunggu Aku di Jakarta" yang bakal digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 28 Januari 2023.

"Kami ingin sekali ikut memeriahkan konser Sheila On 7 lewat ajang #ItuAku dan bisa bertemu teman-teman Sheila Gank lainnya," kata Donny.


1.Cara ikutan #ItuAku
Kamu tertarik ikutan #ItuAku? Ajang #ItuAku membuka kesempatan buat siapa pun musisi berbakat, khususnya Sheila Gank, untuk tampil di area konser "Tunggu Aku di Jakarta" Sheila On 7.

Kamu cukup unjuk kebolehan membawakan lagu Sheila On 7 dan unggah video kamu di Instagram pribadi. Karya kamu dinanti sampai 21 Januari 2023.

Setelahnya, bakal dilakukan voting 20 karya terbaik. Lima pemenang akan diumumkan pada 25 Januari 2023.

Kelima performer inilah yang bakal tampil di area konser "Tunggu Aku di Jakarta" Sheila On 7 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 28 Januari 2023.

Selengkapnya, simak syarat dan ketentuan berikut ini ya!

1. Upload di Instagram:
Durasi maksimal 3 menit
Format video portrait 9:16
Format Judul: Cover "[Judul Lagu]" - [Nama Performer/Grup] untuk #ItuAku by @detikcom + [ceritain kenapa bawain lagu itu]
Tulis [Nama Performer/grup] - [Domisili] dan mention anggota grup (kalau bentuknya grup)
Tag @sheilaon7, @antara.suara, dan @detikcom
Wajib ada hashtag #ItuAkudetikcom dan #TungguAkuDiJakarta
Akun Instagram tidak diprivate

Contoh:
Cover "kita" - Yongkru Band untuk #ItuAku by @detikcom. Semua anak-anak Yongkru jatuh cinta sama lagu "Kita" karena selama keinget perpisahan SMA dulu.

Yongkru Band - Jakarta
@nolala @gustigus @abildisini

#ItuAkudetikcom #TungguAkuDiJakarta

2. Submit link video

Isi form yang tersedia di http://detik.com/ituaku dan klik "Daftar"
Masukkan link video yang sudah kamu unggah di Instagram dengan klik "Kirim".

Jadi, siap bertemu dengan Duta dan kawan-kawan sekaligus tampil di konser Sheila On 7? Segera kirimkan karyamu ya sebelum 22 Januari 2023 ya!



Simak Video "Konser Tunggal Sheila on 7 Akan Digelar 28 Januari 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT