Qodir Band Bawakan Ulang Lagu Bangun Tidur dari Mendiang Mbah Surip

ADVERTISEMENT

Qodir Band Bawakan Ulang Lagu Bangun Tidur dari Mendiang Mbah Surip

prih prawesti febriani - detikHot
Rabu, 18 Jan 2023 21:27 WIB
salah satu gaya qadir band.
Qadir Band dalam salah satu pose. Foto: ist
Jakarta -

Kalian masih ingat nggak dengan lagu Bangun Tidur mendiang Mbah Surip? Lagu Bangun Tidur milik Mbah Surip ini kali ini kembali dibawakan band yang digawangi Dul Jaelani, Qadir band.

"Asal muasal ide lagu ini muncul dari Dul Jaelani. Dul yang punya ide, dia suka banget lagu itu karena katanya dia kaum rebahan. Jadi kami ingin buat lagu dengan aransemen untuk kaum rebahan tapi dalam nuansa penuh semangat dan tentu rock. Karena kami ingin memperjuangkan musik rock agar kembali ke skema komersial, tentu bersama band rock gen z lainnya," jelas Axel CB salah satu personel Qadir band melalui rilisnya kepada detikcom, Rabu (18/1/2023).

"Awalnya, kita memang sering banget membawakan lagu ini secara live. Karena kita memang suka banget lagu ini. kita suka mendengarkan lagu almarhum Mbah Surip ini di saat-saat sedih. Jadi kami ingin membuat versi audionya saja sebagai bentuk portofolio meng-cover lagu orang tapi tentu dengan warna kami," terang Dul Jaelani.

Menariknya proses rekaman lagu Bangun Tidur ini digarap dengan sentuhan live di studio rekaman. Buat Qodir band ini jadi sangat menarik dalam mengulik lagu ini saat sebelum proses rekaman live tadi.

"Uniknya saat kami memutuskan untuk membuat rekaman lagu ini secara live recording. Kami ingin merasakan perjuangan musisi jaman dulu yang kalau rekaman harus one take. Kami sangat salut dengan perjuangan musisi jaman dulu. Mungkin latihan seratus kali untuk satu take. Bukan latihan satu kali untuk seratus take. Beruntungnya karena kita sering membawakan secara live, kita take dua kali. Dan akhirnya yang terpakai yang pertama karena lebih jujur. Kesulitannya ya harus main bener dari awal sampai akhir. Alhamdulillah QODIR berhasil," jelas Dul Jaelani lagi.

Lantas bagaimana dengan perizinan lagu tersebut?

"Urusan izin lagu sudah diurus di awal-awal. Saya orang yang sangat mengapresiasi pencipta lagu dan segala bentuk administrasinya. Saya pribadi sudah berbincang via WhatsApp dengan Mas Varid putra dari mendiang Mbah Surip sebagai bentuk kulonuwun. Tentu juga sudah berbicara kepada pihak publishing Falcon, dan mendapatkan izin resmi dari mereka," ungkap Dul Jaelani.

"Bagi saya, seni dalam meng-cover lagu adalah bagaimana warna lagu tersebut menjadi murni bisa milik kami. Merubah lagu aslinya menjelma menjadi karakter QODIR. Yang sementara, nuansa musik kami adalah rock n roll dan psychedelic. Agar lebih fresh di jaman sekarang. Dalam artian, hampir tidak ada musik seperti ini di jaman sekarang," terang Muhammad Xaviar.



Simak Video "Mawar de Jongh Ingin Seimbangkan Karier Nyanyi dan Akting"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT