Profil Maneskin, Band Rock Italia yang Punya Banyak Karya Keren!

ADVERTISEMENT

American Music Awards 2022

Profil Maneskin, Band Rock Italia yang Punya Banyak Karya Keren!

Diah Retno Andani - detikHot
Senin, 21 Nov 2022 19:44 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - NOVEMBER 20: (L-R) Thomas Raggi, Damiano David, Victoria De Angelis, and Ethan Torchio of Måneskin attend the 2022 American Music Awards at Microsoft Theater on November 20, 2022 in Los Angeles, California. (Photo by Jerod Harris/Getty Images for dcp)
Foto: Getty Images for dcp/Jerod Harris
Jakarta -

Ajang penghargaan bergengsi berbasis fan-vote terbesar, American Music Awards (AMAs) 2022 telah diselenggarakan. Berlangsung pada 20 November di Microsoft Theatre, Los Angeles, deretan pemenang telah diumumkan dan Maneskin menjadi salah satunya. Grup band ini memenangkan kategori Favorite Rock Song dengan lagu Beggin.

Maneskin merupakan band rock asal Italia. Band ini disebut-sebut kembali mengingatkan pendengar bahwa musik rock akan tetap ada hingga kapanpun. Maneskin membawa kembali musik rock and roll nuansa tahun 1970-an, tanpa kekhawatiran apakah hal tersebut akan disukai oleh banyak orang atau tidak. Maneskin memiliki empat personel yang bernama Damiano David, Victoria De Angelis, Thomas Raggi dan Ethan Torchio.

Uniknya band ini hanya memainkan tiga instrumen: gitar, bass dan drum. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Måneskin, simak beberapa fakta-fakta tentang mereka di bawah ini:

1. Arti nama Maneskin

Ketika tampil di jalanan, Maneskin kerap tampil tanpa adanya nama band yang tetap. Hingga suatu ketika mereka mendapat kesempatan untuk tampil di kontes Pulse Italia. Dalam perumusan nama tersebut, mereka menghabiskan waktu hingga berhari-hari untuk mencari nama yang cocok. Namun, seberapa keras mencoba, mereka tak menemukan nama yang pas untuk digunakan.

Hingga akhirnya suatu ketika Victoria De Angelis kemudian menyarankan Maneskin yang merupakan kata dari Bahasa Denmark, kata tersebut memiliki arti cahaya bulan. Tentu teman-temannya yang lain menyukai saran dari Victoria tersebut dan memilih menggunakan kata Maneskin sebagai nama band mereka.

2. Awal karier tampil di jalanan

Maneskin mengawali kariernya dengan tampil di jalanan. Pada 2015, ide pembentukan band dimulai oleh Damiano David dan Victoria De Angelis. Untuk mewujudkan hal tersebut mereka merekrut Thomas Raggi dan Ethan Torchio melalui iklan Facebook berjudul Musician Wanted Rome.

Setelah terbentuk, akhirnya mereka turun ke jalan untuk tampil di manapun yang tersedia bagi mereka. Hingga akhirnya pada 2016, pekerjaan mereka di jalanan Roma terbayar ketika mendapat kesempatan untuk tampil di kontes Pulse Italia. Lalu, nama mereka menjadi terkenal setelah bergabung dengan ajang pencarian bakat X Factor pada 2017.

LOS ANGELES, CALIFORNIA - NOVEMBER 21: (L-R) Damiano David, Thomas Raggi, and Ethan Torchio of Måneskin perform onstage during the 2021 American Music Awards at Microsoft Theater on November 21, 2021 in Los Angeles, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images for MRC)Salah satu penampilan Måneskin di panggung. Foto: Getty Images for MRC/Kevin Winter

3. Karya dari Band Maneskin

Pada 8 Desember 2017, Maneskin merilis album yang di dalamnya penuh dengan cover rock dengan instrumental punk berjudul Chosen. Meskipun terbilang pendatang baru dan bahkan belum resmi debut, tapi mereka dapat membuktikan bakatnya. Terbukti dengan album tersebut berada di nomor tiga Tangga Album Italia (FIMI) dan meraih double platinum. Lalu pada tahun 2018, Maneskin merilis album debut mereka yang berjudul Il ballo della vita. Album tersebut sukses besar. Band ini benar-benar meninggalkan pesona punk rock untuk suara hard rock yang mirip dengan band tahun 70-an seperti Led Zeppelin atau Fleetwood Mac.

4. Telah tampil di berbagai acara

Maneskin telah menjadi salah satu grup band yang diperhitungkan. Mereka telah tampil di berbagai acara setelah mendapat kemenangan pada kompetisi musik X Factor Italia 2017. Beberapa acara yang telah mereka datangi seperti The Tonight Show yang dipandu oleh Jimmy Fallon. Band tersebut menyanyikan lagu MAMMAMIA di acara tersebut. Selain itu, Maneskin juga tampil di The Voice dan The Ellen DeGeneres untuk menyanyikan lagu Beggin. Tak sampai di situ, mereka juga tampil di American Music Awards 2021 dan MTV European Music Awards 2021 di mana mereka juga memenangkan penghargaan rock terbaik.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT