ADVERTISEMENT

Lobow Kampanye Peduli Sampah Plastik Lewat Lagu

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Kamis, 18 Agu 2022 15:03 WIB
Lobow
Foto: Iqbal/detikcom
Jakarta -

Persoalan mengenai sampah plastik masih terus menghantui Indonesia sebagai negara penyumbang sampah plastik ke-3 terbanyak di dunia. Tidak hanya menyentil para aktivis dan akademisi, tapi juga Lobow sebagai musisi.

Lobow dikenal sebagai solois yang populer lewat lagu Kau Cantik Hari Ini 2008 silam. Baru saja, dirinya kembali merilis single berjudul Hanya Debu yang terinspirasi dari masalah di atas.

"Di momen kemerdekaan ini aku jadikan momen merilis lagu yang memang sebagai wujud kepedulian aku sama masalah sampah plastic. Kenapa bikin lagu seperti ini? Karena ini bentuk kemerdekaan aku dalam menyampaikan pendapat lewat musik serta bentuk pemikiran yang prihatin," ungkapnya dalam acara perilisan lagunya di Kawasan Cinere, Rabu (17/8/2022).

"Butuh waktu 50-100 tahun bahwa sampah plastik bisa terurai dengan tanah. Itu yang bisa mencemarkan lingkungan, menyebabkan banjir, membuat terumbu karang rusak," sambungnya lagi.

Musiknya tidak jauh dari ciri khasnya selama ini. Dalam liriknya sendiri, memang tidak secara gamblang menggunakan kata-kata seperti; 'sampah', 'lingkungan' dan sejenisnya. Lobow, lebih mengajak semua penggemarnya untuk peduli dan berbuat baik.

"Lagu Hanya Debu bercerita tentang kebaikan, keikhlasan, harapan dan mimpi manusia. Lagunya juga punya semangat pandemi dan mereka yang terdampak. Tetap semangat dan peduli satu sama lain. Ketika berada di atas dan memiliki jabatan, sudah sewajarnya berbagi. Saat dalam keterpurukan yang perlu dilakukan berjuang tanpa berharap balas budi," kata musisi asal Ujung Pandang itu.

Sebagai penutup, Lobow berharap, semoga lewat lagunya dapat setidaknya menumbuhkan kepedulian para pendengarnya terhadap bahaya sampah plastic ini.

"Kita harus terus menyadari, bahwa ada sampah plastik yang akan membahayakan. Paling nggak kita menyadari bahwa ini akan berdampak ke lingkungan kita," tandasnya.

Pada 2008 Lobow merilis album penuh perdananya dengan tajuk Terus Bersinar. Sebelum merilis Hanya Debu, pada 2020 Lobow juga sempat menghasilkan single berjudul Belum Siap Aku Kehilanganmu dan versi akustik dari Rindu Berbisik. Kesibukan lainnya, dia masih aktif menulis lagu untuk beberapa penyanyi dan mengerjakan musik latar untuk film.



Simak Video "Eksklusif! Single Terbaru Tompi - Makan Teman"
[Gambas:Video 20detik]
(mif/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT